Sukses

Demam & Mual Pada Anak

20 Aug 2014, 11:03 WIB
Wanita, 34 tahun.
Dokter, saya mau bertanya, pada hari selasa pagi anak saya (2th) tiba-tiba muntah (tidak menyembur) beberapa kali, tetapi masih mau makan, di malam harinya badannya mulai panas, panas max 39,5. Saya sudah memberi obat penurun panas, tetapi badannya tetap panas, saya hanya mengkompres juga karena kondisi anak tidur. Panas berlangsung hingga rabu siang. di rabu sore panas sudah turun dan sudah tidak muntah juga berhenti hanya kadang saat kentut dia juga bab. Di hari kamis badannya terlihat lesu, dia juga tidak mau makan. saya beberapa kali memaksakan bubur pada anak saya. Di hari kamis sore saya pergi ke dokter dan dokter bilang anak saya mengalami gangguan pencernaan (infeksi/radang saluran pencernaan). Saya diberi obat puyer campuran sanprima, rhinofed, avil yang diminumkan 3x sehari (16x). Pertanyaan saya, setelah diberi obat tersebut (masih 4x) koq rasanya anak saya terlihat lemas mengantuk, dan tadi juga sempat muntah (sedikit) seperti mual, saya sempat memberi makan nasi dan telur tim yang di lumatkan. Apakah ini efek obatnya anak saya jadi terlihat lemas mengantuk, atau ada sesuatu yang lain? Lalu apakah muntahnya karena efek obatnya atau karena saya memberikan nasi lumat?

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mohon maaf atas keterlambatan penjawaban. Bagaimana keadaan anak Anda saat ini?

Ketika seorang anak sedang mengalami demam, maka cenderung tubuhnya merasa tidak nyaman sehingga ia cenderung akan menolak berbagai bahan yang berusaha dimasukkan ke dalam tubuhnya (makanan, minuman, obat) meskipun baik untuk tubuhnya. Ibu dapat mengakali dengan memberikannya dengan diteteskan secara perlahan-lahan. Dari obat yang dikonsumsi oleh anak Anda memang ada yang memberikan efek mengantuk yaitu avil, sehingga anak Anda terlihat menjadi lemas. Namun dari ketiga obat tersebut tidak memberikan efek samping mual. 

Namun rasanya kurang tepat jika Anda menanyakan apakah keluhan muntah yang anak Anda rasakan kepada kami berhubungan dengan obat yang dikonsumsi sedangkan kami tidak menganamnesa anak Anda apalagi melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang  kepada anak Anda. Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan konsultasi kembali dengan dokter spesialis anak yang telah memeriksa anak Anda sebelumnya. Semoga anak Anda selalu sehat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)
Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar