Sukses

Gatal Vagina Saat Hamil

20 Oct 2014, 01:55 WIB
Wanita, 22 tahun.
Selamat malam dok.saya inge saya mau membahas jawaban dari dokter,untuk saat ini alhamdulillah masih mau mkn walaupun sedikit2 memang saya mual mual dok klo melihat nasi putih..klo vagina suka gatal apa itu normal dok dikala hamil? Terima kasih,selamat malam

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Saat hamil sering kali cairan vagina keluar lebih banyak sehingga menimbulkan gatal. Hal tersebut normal. Namun akan menjadi tidak normal jika gatal pada vagina diikuti dengan keputihan yang kental bergumpal-gumpal seperti susu maka kemungkinan jamur, bila dengan keputihan yang berwarna kehijauan maka kemungkinan disebabkan parasit. Bila ada seperti titik darah di celana dalam dan sangat gatal di pubis mungkin disebabkan oleh kutu pada rambut pubis. Namun bisa juga gatal disebabkan karena vagina yang lembab dan kebersihannya kurang terjaga. Gatal pada vagina bukanlah gejala dari penyakit kanker serviks.

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.

Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.

Saran kami adalah Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter mengenai keluhan tersebut untuk mengetahui dengan pasti penyebabnya. Kelainan kulit dan kelamin memang memerlukan pemeriksaan langsung untuk diagnosis, oleh karena itu periksakan segera ke dokter untuk kemudian mendapatkan penanganan yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat. (DNA)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar