Sukses

Penanganan Luka

19 Aug 2014, 20:21 WIB
Wanita, 21 tahun.
saya mau tanya dok.. 2minggu lalu saya ditabrak teman dan ada luka di kaki,, dan kulitnya terkelupas.. sudah saya periksakan ke dokter dan hampir sembuh. tapi kemarin lukanya malah ada cairan kuning di dalam... seperti nanah... yang ingin saya tanyakan bagaimana saya merawat luka saya supaya lekas kering dan sembuh.... obat luar apa saja yang harus saya oleskan pada luka saya... terimakasih dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Apakah Anda sudah memeriksakan diri kembali ke dokter?

Saran kami, Anda memeriksakan diri ke dokter sehingga dokter Anda dapat memeriksa langsung kondisi luka dan mengevaluasi keluhan Anda. Dari hasil pemeriksaan, dokter dapat mengetahui apakah luka Anda saat ini terinfeksi atau tidak dan akan ditentukan tindakan apa yang diperlukan, apakah hanya perlu pemantauan dan pengobatan atau memang diperlukan pengobatan penanganan infeksi. Hal ini tidak dapat ditentukan tanpa pemeriksaan fisik langsung terhadap kondisi luka Anda.

Selain itu, untuk mendukung proses penyembuhan luka, Anda perlu memperhatikan kebersihan luka agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka.

Perawatan luka yang baik juga merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan untuk mempercepat penyembuhan luka. Pertahankanlah agar luka selalu dalam keadaan bersih, dan rawatlah luka dengan rutin dan teratur setiap hari. Tutuplah luka dengan kassa steril selama luka tersebut belum menutup secara sempurna (kassa diganti dua kali dalam sehari). Selama luka masih basah, bersihkan dan kompres dengan kassa lembab yang telah dibasahi cairan infus NaCl 0,9% atau air masak yang bersih minimal 2x/hari. Ketika akan mengganti kassa, jangan lupa membasahi kassa sedikit agar tidak lengket dan menimbulkan luka baru.

Semoga Anda cepat sembuh.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar