Sukses

Nyeri Perut Kanan Bawah

18 Aug 2014, 21:48 WIB
Wanita, 17 tahun.
rasa yang saya rasakan sakit di bagian perut bawah tapi rasanya hilang timbul, jika saya tekan bagian tersebut sambil menekuk kaki kanan memang sakit,dari hari ke hari saya kira akan sembuh tp masih saja sakit. tapi saya tidak mempunyai gejala lain seperti muntah, mual, demam dan kembung. tetapi belakangan ini sy sedang diare . tapi sakit yang saya rasakan masih tertahan dan tidak terlalu sakit. apakah saya sakit usus buntu apa hanya masung angin? terimakasih dok

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sulit untuk memastikan penyebab nyeri perut bawah yang Anda alami tanpa melakukan pemeriksaan langsung. Apakah Anda sudah menemui atau berkonsultasi dengan dokter sebelumnya, seperti saat cek darah dan tes urin?

Begitu banyak penyebab yang dapat menimbulkan keluhan nyeri perut bawah. Posisi perut di kiri bawah terdiri dari kulit, otot, jaringan lemak dan penunjang, usus besar ataupun organ perkemihan. Salah satu gangguan dari organ diatas dapat menyebabkan keluhan nyeri perut kiri bawah. Apabila disertai dengan gangguan BAB maka terdapat masalah pada sistem pencernaan misalkan dapat terjadi IBS (Irritable Bowel Syndrome) atau Inflammatory Bowel Disease (IBD). Sedangkan organ yang terletak di antara perut kiri bawah dan paha terdiri dari ureter dan organ pencernaan (usus). Sedangkan organ tubuh yang terletak di perut bagian kanan bawah, mulai dari kulit, otot, saraf, dan usus. Dari beberapa organ tersebut, memang penyebab tersering timbulnya keluhan nyeri perut kanan bawah adalah akibat adanya peradangan pada usus buntu (appendisitis). Nyeri perut pada usus buntu umumnya dimulai dari daerah ulu hati, kemudian berpindah ke daerah perut kanan bawah. Biasanya keluhan nyeri perut pada usus buntu disertai pula dengan keluhan pencernaan (seperti penurunan nafsu makan, mual, muntah, diare, dll)  dan memiliki tanda yang khas pada pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh dokter. Demam juga dapat timbul, tetapi biasanya kenaikan suhu tubuh tidak akan lebih dari 38ºC. Jika ditemukan peningkatan suhu tubuh melebihi 38ºC maka kemungkinan besar sudah terjadi proses peradangan yang lebih luas di daerah perut. Bagaimana dengan Anda?

Namun, penyakit peradangan usus buntu baru dapat didiagnosis melalui pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang (X-ray tanpa kontras atau dengan kontras).

Mengingat keterbatasan kami dalam melakukan pemeriksaan fisik, akan lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat (DNA)

Salam,


Tim Redaksi Klikdokter


 

0 Komentar

Belum ada komentar