Sukses

Tangan Kesemutan

19 Aug 2014, 05:52 WIB
Pria, 30 tahun.
Halo Dok, saya ada pertanyaan mengenai saraf saya. Tanggal 4 juli lalu saya didiagnosa Paresthesia tingkat kronis yg menyebabkan saya tidak bisa berjalan, bangun dan melakukan apapun yang menggunakan tubuh sebelah kanan, sama persis seperti stroke. Setelah di-scan memang disebutkan bahwa ada penyumbatan pembuluh darah di bagian otak. Sampai sekarang sih semua sudah menjadi lebih baik dan sudah mulai bisa berjalan sedikit demi sedikit walau masih terpincang-pincang. Karena menurut dokter yg menangani saya, saya tidak perlu mengikuti fisioterapi. Tapi saya pernah mengikuti fisioterapi selama dirawat di RS dan terapis pun mengatakan bahwa saya bisa latihan sendiri. Tapi sampai saat ini, kesemutan di tangan ini tidak hilang-hilang, dan itu yg sangat mengganggu sekali. Tepatnya di bagian jari-jari saja. Tapi memang dari pundak sampai sikut masih terasa lemasnya. Perlu dokter ketahui juga bahwa tekanan darah saya selalu normal, sangat jarang sekali tinggi/rendah. Kolesterol, jantung dan paru-paru saya pun sudah dinyatakan baik & normal. Pertanyaan saya, Apakah kondisi tangan saya termasuk Carpal Tunnel Syndrome? Apakah bisa normal kembali dgn butuh waktu yang lama dok? Dengan latihan-latihan stretching apakah bisa membantu? Adakah makanan/minuman yang harus dihindari? Seperti kopi, yg mengandung banyak garam dll? Terima kasih atas perhatian & jawabannya Dok!

Saudara yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Rasa kesemutan di tangan kemungkinan besar disebabkan oleh kelainan pada saraf pada tangan. Kelainan saraf ini dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti ada proses penjepitan saraf di tangan, ada proses degeneratif seperti peradangan pada tulang (entah artritis rheumatoid atau osteoarthritis) yang dapat menekan saraf, ada penyakit yang menyebabkan kelainan pada saraf seperti kencing manis (diabetes melitus), tiroid, gangguan aliran darah atau ada kekurangan dari kadar elektrolit (zat-zat ion di dalam tubuh).  Atau dapat juga disebabkan oleh infeksi, kelainan pada darah, tulang ataupun otot. 

Memang penyebab paling sering dari rasa kesemutan di tangan adalah sindrom terowongan karpal (Carpal Tunel Sindrome). Gejala yang ada muncul karena adanya penekanan nervus medianus di pergelangan tangan. Biasanya kesemutan lebih hebat pada malam hari, setelah digunakan beraktivitas pada hari tersebut. Rasa kesemutan biasanya hilang jika tangan digelantungkan, atau diistirahatkan. Gejala dapat muncul jika pergelangan tangan ditekan untuk beberapa waktu.

Oleh karena itu, untuk mengetahui penyebab dari kesemutan Anda, selain dibutuhkan pemeriksaan tubuh yang lengkap diperlukan juga pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah atau foto radiologi. Jadi, kami sarankan agar Anda konsultasi ke Dokter Specialis Saraf untuk penanganan lebih lanjut. Serta beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah mengistirahatkan tangan saat terjadi semutan atau kebas. Untuk sementara tidak ada pantangan makanan sampai penyebab pasti dari keluhan Anda diketahui.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.(DNA)

Salam

 

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar