Sukses

Karang Gigi dan Solusinya

20 Oct 2014, 00:10 WIB
Wanita, 22 tahun.
Selamat siang, saya memiliki masalah dengan karang gigi yang cukup banyak terdapat pada gigi bawah dan hampir terdapat pada tiap gigi. Hal ini sangat berpengaruh pada penampilan dan kepercayaan diri saya. Pertanyaan saya : 1. Apakah menghancurkan karang gigi akan membuat gigi saya menjadi terdapat lubang yang jelas antara gigi satu dengan gigi lainnya (jarak antar gigi menjadi lebih jelas)? 2. Jika saya menghancurkan karang gigi akan membuat gigi saya menjadi lebih rapuh dan sensitif? 3. Apakah yang harus saya lakukan jika seandainya jawaban dari pertanyaan no.1 adalah iya? Bolehkah melakukan tindakan jaket gigi atau merapatkan gigi-gigi tersebut dengan menggunakan kawat gigi? 3. Jika pada gigi geraham belakang terdapat lubang, apa yang sebaiknya dilakukan terlebih dahulu? menambal lubang gigi dahulu atau membersihkan karang yang terdapat di gigi tersebut? 4. Berapakah biaya yang harus saya tanggung untuk mengatasi permasalahan pada gigi saya ini? Besar sekali harapan saya bagi dokter untuk menjawab pertanyaan saya ini. Terima kasih Lyan
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Sebelumnya saya akan menjelaskan dahulu mengenai karang gigi. Plak pada gigi yang tidak dibersihkan akan mengeras menjadi karang gigi.  Mencegah terjadinya pembentukan karang gigi adalah dengan menjaga kebersihan rongga mulut dan gigi. Menyikat gigi 2 kali sehari dengan metode yang benar adalah hal yang mutlak dalam menjaga kebersihan gigi dan mencegah terbentuknya karang gigi.

Pembersihan karang gigi harus dilakukan, karena karang gigi yang dibiarkan dalam mulut dan tidak dibersihkan menyebabkan terjadinya keradangan gusi dan kemudian berlanjut pada tahap yang lebih parah yaitu keradangan jaringan pendukung gigi yang dapat menyebabkan goyangnya gigi dan selain itu karang gigi juga merupakan tempat bakteri berkembangbiak. Dimana biasanya gusi menjadi turun tetapi tidak menyebabkan timbulnya celah pada gigi. Gigi bisa menjadi sensitif karena gusi yang turun tadi akan mengekspos bagian akar gigi dimana pda bagian ini lebih sensitif terhadap rangsangan tertentu.

Pembersihan karang gigi hanya dapat dilakukan oleh dokter gigi dengan bantuan alat secara manual atau dengan alat ultrasonic, dimana alat ini bekerja dengan getaran ultrasonik pada bagian ujungnya yang berbentuk sedikit runcing agar dapat memecah karang gigi hingga ke tempat yang sulit dijangkau, termasuk karang gigi yang ada di bawah gusi, dengan cara penggunaan yang benar dan tepat sesuai petunjuk pemakaian, alat ultrasonic  ini cukup aman bagi permukaan gigi dan akar. Mengenai masalah biaya tidak dapat saya perkirakan karena dalam hal ini selain belum jelas jenis perawatan yang Anda perlukan, dalam menentukan suatu biaya perawatan gigi banyak variabel yang terkait seperti instansi yang menyediakan jasa pelayanan apakah rumah sakit swasta atau klinik pribadi dan lainnya.

Berikut artikel yang dapat Anda baca

Plak dan Karang Gigi

Pembersihan Karang Gigi Merusak Email?

Gusi Berdarah karena Karang Gigi

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

drg. Arni Maharani

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar