Sukses

Penanganan PTI

19 Oct 2014, 02:01 WIB
Pria, 60 tahun.
Pagi doc, orang tua saya usia 60 tahun BB 51 TB 165, sekarang di diagnosa ITP trombosit naik turun berkisar 15.000 - 33.000, berat badan turun terus dari 75 - 51 dalam 6 bulan terakhir.HB berkisar 7 sekarang lagi rawat jalan. obat yang diberikan methil-prednisolone 4mg sekarang udah dosis 3x sehari tiap minum 4 tablet.Boleh tanya doc 1. ITP itu apa? 2. apakah bisa sembuh seperti sedia kala? 3. methil predsinolone itu efek sampingnya gula naik tajam apakah ada jenis obat lain yang dengan efek yang lebih reasonable untuk usia lanjut salam dianrp

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan dan akan coba menjawab pertanyaan Anda.

1. ITP itu apa?

Purpura trombositopenia idiopatik (autoimmune thrombocytopenic purpura; morbus Wirlhof; purpura hemorrhagica) merupakan sindrom klinis berupa manifestasi perdarahan (purpura, petekie, perdarahan retina, atau perdarahan nyata lain) disertai trombositopenia (penurunan jumlah trombosit).

PTI merupakan gangguan perdarahan yang sering dijumpai pada anak usia 2-4 tahun, lebih sering pada wanita. PTI dapat dibagi menjadi akut dan kronik. PTI akut biasanya sembuh sendiri dalam 6 bulan, sedangkan PTI kronik, sering ditemukan pada usia < 1 tahun atau > 10 tahun.sedangkan pada orang dewasa,ITP sebagian besar diderita oleh wanita muda.Tapi dapat pula terjadi pada siapa saja. umumnya dihubungkan dengan kelainan imun yang umum.


2. Apakah bisa sembuh seperti sedia kala?

Jika Anda rutin melakukan pemeriksaan kesehatan dan obat diminum secar ateratur makan bisa sembuh.


3. Methil predsinolone itu efek sampingnya gula naik tajam apakah ada jenis obat lain yang dengan efek yang lebih reasonable untuk usia lanjut

Penanganan PTI memang dengan menggunakan obat golongan kotrikosteroid (dexamethasone, methil prednisolon). Namun terapi yang diberikan berdasarkan jumlah trombosit saat diperiksa.

Pemberikan kortikosteroid jangka panjang memang mmeberikan efek samping sperti peningkatan gula darah, osteoporosis dan katarak. Jika kadar trombosit sudah dalam batas normal maka dosis kortikosteroid perlahan-lahan akan diturunkan.

Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan konsultasi kembali dengan dokter yang telah melakukan pemeriksaan sebelumnya, karena pemberian terapi harus berdasarkan hasil pemeriksaan fisik dan adanya data dari pemeriksaan penunjang.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)
Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar