Sukses

Imunisasi Tertinggal

18 Oct 2014, 22:25 WIB
Pria, 4 tahun.
Dok.. saya mau tanya,anak saya umur 4 tahun. Terakhir imunisasi di usia 9 bulan. Setelah usia 9 bulan ternyata banyak imunisasi yg kelewat dan saya baru tau. Seperti imunisasi campak yg harus di berikan pd usia 24bulan dll. Trs gimana donk,sedangkan sekarang udh umur 4 tahun sebtember bsk.. yg mau saya tanyakan jadwal imunisasi yg kelewat itu gimana?

Saudari yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Imunisasi pada anak sangat penting karena bisa mencegah beberapa penyakit infeksi terhadap kematian dan kecacatan, dan penyebaran infeksi. Imunisasi merangsang sistem imunologi tubuh untuk membentuk antibodi spesifik sehingga dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit. 

Saat ini di Indonesia ada lima imunisasi yang wajib diberikan sesuai dengan program imunisasi pemerintah yaitu polio, BCG, hepatitis B, DPT dan campak. Adapun jenis imunisasi yang dianjurkan untuk diberikan pada bayi dan balita meliputi MMR, Hib, tifoid, hepatitis A, varisela, dan vaksin pneumokokus. Bila sudah berusia 4 tahun belum pernah imunisasi, dapat dilakukan imunisasi catch-up.

Di bawah ini adalah jadwal imunisasi anak terbaru dari Ikatan Dokter Anak Indonesia:


Kunjungilah dokter spesialis anak Anda untuk melengkapi imunisasi buah hati Anda. Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(DNA)

Salam, 

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar