Sukses

Penyebab Blighted Ovum

14 Aug 2014, 18:42 WIB
Wanita, 22 tahun.
dear dokter, saya baru saja dikuret setelah mengalami pendarahan akibat BO (usia hamil 11 minggu). yang ingin sy tanyakan : 1. apakah penyebab BO? 2. Bisakah BO berulang di kehamilan berikutnya? 3. berapa lama sy boleh hamil lagi pasca kuret? 4. dokter bilang sy keputihannya berbau, bisakah keputihan mjd penyebab BO? saya belum tes TORCH, dok. suami sy juga perokok aktif. apakah ada cara alami utk menghindari / mengobati TORCH? mohon dibantu, dok. krn sy sangat ingin hamil lg. terima kasih sebelumnya, dok. salam sehat..

Terima kasih atas pertanyaan Anda 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan dan akan coba menjawab pertanyaan Anda.

1. Apakah penyebab BO?

Blighted ovum (BO) atau disebut kehamilan kosong. Terjadi ketika sel telur berhasil dibuahi namun tidak berkembang menjadi embrio. Sel tetap membentuk kantung janin (gestational sac) namun konsepsi (pembuahan) tidak berkembang menjadi sebuah embrio. Hasil konsepsi akan terus tertanam di dalam rahim dan memberikan sinyal kepada otak bahwa terdapat konsepsi di dalam rahim sehingga hormon kehamilan tetap akan dihasilkan dan kehamilan akan terus berkembang menjadi kehamilan biasa, ibu hamil merasa benar – benar hamil dengan ditambah adanya hasil test pack yang positif.

Penyebab BO sampai saat ini belum diketahui dengan pasti, namun ada beberapa penyebab. Yaitu kelainan kromosom dalam proses pembuahan sel telur dan sperma. Tubuh akan mengenali kelainan kromosom pada fetus dan secara otomatis mengakhiri kehamilan karena mengetahui janin tidak akan berkembang menjadi bayi yang sehat. Kelainan kromosom bisa disebabkan oleh buruknya kualitas sperma atau sel telur dan pembelahan sel yang abnormal. Adanya infeksi TORCH, ACA (Anticardiolipin) positif.

2. Bisakah BO berulang di kehamilan berikutnya?

Bisa saja terjadi, oleh karena itu yang dapat Anda lakukan adalah mempersiapkan kehamilan secara sehat, menjalankan hidup sehat baik untuk istri dan suami, melakukan pemeriksaan kromosom, melakukan pemeriksaan kehamilan (Antenatal Care) secara rutin. 

3. Berapa lama saya boleh hamil lagi pasca kuret?

Rekomedasi boleh hamil lagi adalah sekitar 4-6 minggu setelah keguguran atau kurtase terjadi. Penelitian oleh Scottish study pada 30.000 wanita menerangkan bahwa wanita yang mengalami kehamilan dalam jarak waktu enam bulan setelah keguguran mempunyai kesempatan memiliki kehamilan yang sangat sehat dan baik.

4. Dokter bilang saya keputihannya berbau, bisakah keputihan menjadi penyebab BO? saya belum tes TORCH, dok. Suami saya juga perokok aktif, apakah ada cara alami untuk menghindari / mengobati TORCH?

Keputihan tidak dapat menyebabkan BO. parasit Toxoplasma gondii, virus Rubela, Citomegalovirus (CMV), dan Herpes Simpleks Virus (HSV). TORCH yang berada dalam keadaan tidak aktif di dalam tubuh tidak akan menimbulkan keluhan apa-apa pada penderitanya dan tidak akan menular. Namun, ketika daya tahan tubuh Anda menurun, misal saat hamil atau sakit berat, infeksi tersebut dapat menilmbulkan beberapa gejala-gejala tergantung penyebabnya, seperti timbulnya bercak-bercak merah pada tubuh disertai badan panas (akibat rubela) dan sakit kepala ataupun timbulnya gangguan penglihatan (akibat CMV), timbulnya kumpulan vesikel-vesikel (gelembung) kecil pada kulit yang tampak merah dan sakit (akibat HSV), dll. Saat sedang kambuh dan menimbulkan gejala-gejala tersebut, virus rubela, CMV dan herpes dapat menular melalui hubungan seksual, air liur, lewat udara, kontak fisik, dll. Sementara infeksi toksoplasma tidak akan ditularkan kepada pasangan Anda.

 

Pengobatan dini dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit dan membantu mengatasi keluhan-keluhan yang timbul. Hindarilah kontak fisik dengan pasangan selama timbul kekambuhan dari infeksi TORCH, untuk mencegah penularan infeksi terhadap pasangan Jaga daya tahan tubuh Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)
Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar