Sukses

Pencegahan Stroke Berulang

19 Oct 2014, 21:28 WIB
Pria, 40 tahun.
Salam sejahtera. Dok sebelumnya saya pernah mengalami kebas hampir diseluruh tubuh dari kaki, tangan, badan dan wajah. Penglihatan sedikit kabur dan pusing. Terus saya ke RS dan ke dokter saraf. Saya dinyatakan kena stroke ringan ( adanya plak di pembuluh darah ) dari hasil MRI. saat itu saya dirawart beberapa hari di RS. Setelah kebasnya hilang saya diperbolehkan pulang dan diberi obat ASPILET yg hrs dikomsumsi selama 2 tahun. Sampai saat ini terkadang saya merasa tangan dan kaki kiri saya seperti agak lemas dan kadang merasa kebas juga dan tengkuk terasa tegang dan bahu terasa agak sakit. Yang ini saya tanyakan 1. Apakah gejala yg msh saya alami spt tangan dan kaki kadang seperti agak lemas dan kebas itu adalah stroke ringan yang saya alami yg belum sembuh ? 2 . Apa sebaiknya yang harus saya lakukan, apakah kembali konsul ke dokter ? 3. Aspilet yg saya makan menyebabkan tubuh dan wajah saya timbuk bintik2 merah ... apakah itu memenag efek samping krn mengkonsumsi aspilet ? 4. Bagaimana cara mencegah stroke jangan terulang lagi ? Terimakasih atas perhatian dan bantuannya. Hormat saya, Andi.S

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan dan akan coba menjawab pertanyaan Anda. 

1. Apakah gejala yg msh saya alami seperti tangan dan kaki kadang seperti agak lemas dan kebas itu adalah stroke ringan yang saya alami yg belum sembuh ?

Berikut berbagai gejala awal dari gangguan stroke:

1. Kelemahan pada wajah, tangan atau kaki pada satu sisi tubuh.

Salah satu fungsi otak adalah mengatur kekuatan otot. Bagian otak tertentu mengatur bagian tubuh yang berbeda. Apabila bagian otak terganggu maka akan menimbulkan gangguan pada bagian tubuh yang diatur oleh bagian otak tersebut. Salah satu gejala yang umum dialami oleh pasien stroke adalah kelemahan tubuh. Pasien stroke akan mengeluh bicara menjadi pelo, atau mata tidak bisa membuka.

2. Kehilangan penglihatan, koordinasi tubuh, sensasi secara tiba-tiba.

Keluhan lain yang dapat dikeluhkan oleh pasien stroke adalah kehilangan kemampuan sensorik. Kemampuan sensorik dapat berupa gangguan melihat, dan gangguan memahami percakapan.

3. Sakit kepala tiba-tiba

Apabila seorang mengalami stroke perdarahan, maka akan terjadi peningkatan tekanan di dalam otak. Karena rongga tengkorak yang luasnya tetap harus menerima volume tambahan berupa darah, yang pada akhirnya menyebabkan peningkatan tekanan dalam tengkorak. Peningkatan tekanan ini akan menyebabkan keluhan sakit kepala tiba-tiba yang hebat.

4. Mual dan muntah

Peningkatan tekanan dalam kepala juga akan menyebabkan terangsangnya reseptor mual. Hal ini akan menyebabkan penderita stroke mengalami keluhan mual hebat dan muntah.

5. Kehilangan kesadaran

Otak merupakan pusat kesadaran. Jika terjadi gangguan penyaluran oksigen ke otak, maka kesadaran penderita stroke akan menurun. Pasien akan cenderung tertidur, lemah dan pada keadaan yang lebih parah, pasien akan mengalami koma. 
 
2 . Apa sebaiknya yang harus saya lakukan, apakah kembali konsul ke dokter ?
 
Gejala ini bukanlah tanda pasti diagnosis stroke karena banyak penyakit lain juga memiliki gejala yang sama. Karena itu, ada baiknya gejala ini dipastikan lagi dengan melakukan pemeriksaan fisik ke dokter.
 
 
3. Aspilet yang saya makan menyebabkan tubuh dan wajah saya timbuk bintik2 merah, apakah itu memang efek samping karena mengkonsumsi aspilet ?
Efek samping dari aspilet adalah kadang-kadang dapat terjadi: iritasi lambung, mual, muntah. Pemakaian jangka panjang dapat terjadi: perdarahan lambung, tukak lambung. 
Bintik merah pada kulit bisa merupakan ekimosis yaitu perdarahan kecil di kulit, atau petekie yaitu bintik merah keunguan kecil dan bulat sempurna yang tidak menonjol akibat perdarahan intradermal atau submukosa. Namun untuk dapat memastikan kelainan di kulit diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung, agar dapat dilihat uji kelainan kulitnya. Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin. 
 
4. Bagaimana cara mencegah stroke jangan terulang lagi 
'Upaya pencegahan stroke berulang yang dapat dilakukan antara lain :

Menjalankan gaya hidup sehat dengan cara :

  • menghindari : rokok, stres mental, alkohol, kegemukan, konsumsi garam berlebih
  • mengurangi : kolesterol dan lemak dalam makanan
  • mengendalikan : hipertensi, diabetes melitus, penyakit jantung, penyakit sumbatan pembuluh darah
  • menganjurkan : asupan gizi seimbang dan olah raga teratur

Jika Anda menjalankan gaya hidup yang sehat, tentu saja Anda akan terhindar dari faktor resiko yang menyebabkan terjadinya stroke. Semoga Anda senantiasa diberi kesehatan. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)
Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar