Sukses

Gejala Stroke

15 Aug 2014, 12:55 WIB
Pria, 20 tahun.
Selamat pagi, keluhan saya terkadang tangan, kaki, mulut itu terasa kaku dan agak susah digerakkan. Apakah itu tanda-tanda stroke? Ayah saya memang mengidap stroke. Bagaimanakah cara mencegah stroke? Apakah stroke bisa dihilangkan atau dengan kata lain stop di saya (penyakit turunan), dan anak-anak saya kelak tidak mengidap stroke? Terima kasih

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Stroke yaitu suatu keadaan dimana pembuluh darah yang mensuplai oksigen ke otak tersumbat atau pecah yang membuat jaringan otak mati. 

Berikut berbagai gejala awal dari gangguan stroke:

1. Kelemahan pada wajah, tangan atau kaki pada satu sisi tubuh.

Salah satu fungsi otak adalah mengatur kekuatan otot. Bagian otak tertentu mengatur bagian tubuh yang berbeda. Apabila bagian otak terganggu maka akan menimbulkan gangguan pada bagian tubuh yang diatur oleh bagian otak tersebut. Salah satu gejala yang umum dialami oleh pasien stroke adalah kelemahan tubuh. Pasien stroke akan mengeluh bicara menjadi pelo, atau mata tidak bisa membuka.

2. Kehilangan penglihatan, koordinasi tubuh, sensasi secara tiba-tiba.

Keluhan lain yang dapat dikeluhkan oleh pasien stroke adalah kehilangan kemampuan sensorik. Kemampuan sensorik dapat berupa gangguan melihat, dan gangguan memahami percakapan.

3. Sakit kepala tiba-tiba

Apabila seorang mengalami stroke perdarahan, maka akan terjadi peningkatan tekanan di dalam otak. Karena rongga tengkorak yang luasnya tetap harus menerima volume tambahan berupa darah, yang pada akhirnya menyebabkan peningkatan tekanan dalam tengkorak. Peningkatan tekanan ini akan menyebabkan keluhan sakit kepala tiba-tiba yang hebat.

4. Mual dan muntah

Peningkatan tekanan dalam kepala juga akan menyebabkan terangsangnya reseptor mual. Hal ini akan menyebabkan penderita stroke mengalami keluhan mual hebat dan muntah.

5. Kehilangan kesadaran

Otak merupakan pusat kesadaran. Jika terjadi gangguan penyaluran oksigen ke otak, maka kesadaran penderita stroke akan menurun. Pasien akan cenderung tertidur, lemah dan pada keadaan yang lebih parah, pasien akan mengalami koma.

 

Demikian lima gejala stroke yang patut Anda waspadai. Gejala ini bukanlah tanda pasti diagnosis stroke karena banyak penyakit lain juga memiliki gejala yang sama. Karena itu, ada baiknya gejala ini dipastikan lagi dengan melakukan pemeriksaan fisik ke dokter.

Upaya pencegahan stroke berulang yang dapat dilakukan antara lain :

Menjalankan gaya hidup sehat dengan cara :

 

  • menghindari : rokok, stres mental, alkohol, kegemukan, konsumsi garam berlebih

 

  • mengurangi : kolesterol dan lemak dalam makanan

 

  • mengendalikan : hipertensi, diabetes melitus, penyakit jantung, penyakit sumbatan pembuluh darah

 

  • menganjurkan : asupan gizi seimbang dan olah raga teratur

Jika Anda menjalankan gaya hidup yang sehat, tentu saja Anda akan terhindar dari faktor resiko yang menyebabkan terjadinya stroke. Stroke bukan penyakit keturunan, tetapi memang ada penyakit yang menjadi faktor resiko terjadinya stroke merupakan penyakit keturunan seperti diabetes melitus.  

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)
Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar