Sukses

Cara Membersihkan Kotoran Telinga yang Benar

20 Oct 2014, 08:19 WIB
Pria, 20 tahun.
Selamat pagi, saya ingin berkonsultasi, apakah kotoran telinga yang telah menumpuk di dalam telinga berpengaruh dengan iritasi mata (mata merah dan gatal)? Saya sebenarnya ingin ke dokter untuk mengambil kotoran tersebut, tetapi 2x sebelumnya dalam pengambilan itu saya terasa nyeri karena pengambilan tanpa bius, jadi saya merasa malas kontrol ke dokter yang sama. Mata iritasi terjadi kemarin sedangkan rasa sakit oleh menumpuknya kotoran dirasakan seminggu sebelum lebaran Menurut dokter, rekomendasi apakah yang harus saya lakukan untuk mencabut kotoran yg menumpuk dan tentunya tanpa rasa sakit? Terima kasih.
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih atas pertanyaan Anda. 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kotoran telinga atau serumen merupakan produk yang dihasilkan oleh kelenjar di liang telinga yang akan melapisi kulit liang telinga serta melindungi telinga dari kerusakan dan infeksi. Karena sifatnya yang kental dan lengket, maka serumen mampu menangkap debu dan bakteri dan mencegah masuk ke bagian telinga dalam. Serumen terdiri dari asam lemak tersaturasi dan keasamannya mampu melawan bakteri yang masuk. Disamping itu, lapisan yang menyerupai lilin ini juga akan menjaga kulit liang telinga agar tetap terlumasi dengan baik sehingga mencegah kulit liang telinga menjadi kering dan mengurangi rasa gatal.

Hal yang perlu diketahui adalah, untuk kebanyakan orang, telinga mungkin tidak perlu dibersihkan karena telinga dapat membersihkan kotoran dengan sendirinya. Secara alami serumen yang terdapat di dalam liang telinga akan berjalan menuju ke bagian luar dari telinga, proses ini dibantu oleh gerakan rahang saat kita mengunyah dan berbicara. Saat serumen telah mencapai area yang dapat dilihat, bersihkanlah dengan menggunakan handuk hangat. Maka dari itu, Anda tidak perlu khawatir jika ternyata tidak ada kotoran telinga, mungkin saja kotoran telinga sudah dibersihkan secara alami.

Kami sarankan untuk tidak menggunakan cotton bud ataupun pinset untuk membersihkan kotoran telinga karena justru dapat mendorong kotoran semakin ke dalam dan akhirnya menyebabkan sumbatan pada telinga. Mengenai cara membersihkan telinga yang baik, Anda dapat membaca artikel di bawah ini.

Berikut kami lampirkan artikel untuk menambah informasi:

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam, 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar