Sukses

Benjolan di Anus

14 Aug 2014, 16:43 WIB
Wanita, 22 tahun.
Slmt pagi dok.. Sjk 1 bln kmrn,sy BAB disertai darah,padat n sehari bs lbh dr 3x.stlh itu,sy periksa ke dokter spesialis dalam,stlh di USG ternyata ada peradangan di bagian usus besar.kemudian sy diberi obat dan tdk ada keluhan lg.. 3 hr yg lalu saat BAB sy kaget,krn ada benjolan warna putih di bagian lipatan pantat dkt lubang anus,nyeri kalo dibuat bnyk aktivitas.apakah itu hemoroid bagian luar?n adakah obat untuk menghilangkan benjolan tsb sehingga sy dpt betaktivitas sprti semula?? mohon penjelasannya secara detail.thx

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Sebelum mengobati, tentu diagnosis harus terlebih dahulu ditegakkan, apakah benar bahwa benjolan anus yang Anda alami adalah benar sebuah wasir atau bukan. Izinkan kami menjelaskan tentang apa itu wasir atau hemorrhoid.

Hemorrhoid merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Di Amerika, 50% populasi usia 50an menderita wasir. Dan diperkirakan sekitar 50-85% populasi dunia akan mengalami gejala wasir pada periode tertentu dalam hidupnya.

Hemorrhoid dibagi menjadi 2 tipe :

  • Hemorrhoid eksterna: wasir dapat terlihat dari luar tanpa menggunakan alat apa-apa. Biasanya menimbulkan keluhan nyeri. Dapat terjadi pembengkakan dan iritasi. Jika terjadi iritasi, gejala yang muncul berupa gatal. Wasir jenis ini rentan terhadap trombosis (penggumpalan darah). Jika pembuluh darah vena pecah yang mengalami kelainan pecah, maka penggumpalan darah akan terjadi sehingga akan menimbulkan keluhan nyeri yang lebih hebat.
  • Hemorrhoid interna: wasir yang muncul didalam rektum., biasanya tidak nyeri. Perdarahan dapat timbul jika mengalami iritasi. Perdarahan yang terjadi bersifat menetes. 

Untuk dapat memastikannya, kami sarankan Anda melakukan konsultasi langsung dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung.

Berikut kami lampirkan artikel mengenai wasir.

Wasir

Tujuh Cara Sehat Cegah Wasir

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,

 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar