Sukses

Nyeri di Betis

19 Oct 2014, 01:22 WIB
Pria, 23 tahun.
Salam sehat, Dok saya mau tanya, ap penyebab dan solusinya, ketika saya duduk dan merentangkan kaki saya, trus ketika posisi agak sedikit membungkuk, seperti pose cium lutut, di bagian betis kaki kanan saya seperti ada urat yg tertarik hingga terasa sakit, begitu juga saat saya melakukan aktifitas berdiri yg agak lama, setelah saya bawa kembali aktifitas seperti biasa seperti berjalan, atau duduk maka sakit itu muncul lagi, bagian2 yg terasa di bagian betis kaki kanan dan di daerah pinggul seperti ad yg tertarik uratnya, Terimakasih.

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Untuk menentukan penyakit yang diderita oleh Anda diperlukan anamnesa secara lengkap dan pemeriksaan fisik secara langsung. 

Nyeri betis bisa dikarenakan gangguan otot, tulang, pembuluh darah atau persarafan. Sayang sekali informasi yang anda berikan sangat terbatas. Bagaimana karakteristik nyerinya? Kapan timbul nyerinya, apakah setiap saat atau ada saat tertentu, misal sehabis beraktifitas? Apakah ada demam? Apakah terasa panas di daerah betis atau ada nyeri tekan pada betis? Apakah ada riwayat trauma/ terjatuh daerah betis?

Satu penyebab khusus nyeri betis yang bisa menjadi perhatian khusus adalah karena gangguan darah berupa hiperkoagulasi (kecenderungan untuk menggumpal) sehingga bekuan darah menyumbat pembuluh darah. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pembuluh balik di kaki (disebut pembuluh vena/ Penyakit insufisiensi vena kronik). Nyeri pada keadaaan ini umumnya terjadi setelah beraktivitas. Salah satu cara mendeteksi gangguan ini adalah dengan melakukan konsultasi dengan dokter dan dilakukan USG.

Tentu hal ini hanya merupakan salah satu penyebab, karena masih banyak penyebab lain yang memerlukan pemeriksaan langsung oleh seorang dokter. Kami sarankan Anda konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat. (DNA)

Salam,


Tim Redaksi Klik Dokter

0 Komentar

Belum ada komentar