Sukses

Nyeri Setelah Operasi Caesar

16 Oct 2014, 16:49 WIB
Pria, 33 tahun.
Dok,saya mau tanya,istri saya habis oprasi sesar.Sudah 3tahun lebih tapi rasa sakitnya masih terasa. Kata dokter waktu periksa ada cairan keputihan yang mengendap diatas jahitan. Bagaimana solusi penyembuhannya dok? Tq
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sayang sekali kami tidak dapat mendiagnosis keluhan yang Anda alami hanya berdasar informasi singkat yang Anda berikan. Kami memerlukan informasi tambahan seperti: bagaimana kondisi luka operasi Anda? Apakah terdapat cairan yang keluar/apakah Anda merasakan gatal di sekitar luka operasi? dsb.

Rasa nyeri pasca operasi caesar disebabkan oleh luka yang dibuat saat operasi tersebut. Selain itu kontraksi rahim juga dapat menyebabkan rasa nyeri. Lamanya rasa nyeri setelah operasi caesar bervariatif bergantung dari kondisi sebelum, sewaktu dan perawatan luka sesudah operasi. 

Anda dapat mengkonsumsi obat penghilang rasa nyeri seperti parasetamol untuk membantu mengatasinya. Jika nyeri dirasa sangat hebat, sebaiknya Anda mengunjungi kembali dokter spesialis kebidanan dan kandungan anda untuk dilakukan evaluasi.

Sebaiknya Anda mendiskusikan dengan dokter spesialis kulit dan kelamin atau dokter spesialis bedah plastik guna penanganan lebih lanjut.

Berikut Kami berikan artikel untuk menambah informasi Anda:

Keloid

Keloid dan pengobatannya

Demkian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar