Sukses

Perlukah Gigi Dicabut ?

19 Oct 2014, 09:12 WIB
Wanita, 23 tahun.
Dok, saya memiliki masalah gigi yang cukup parah. Ada tiga gigi berlubang yang perlu dicabut. Namun saya takut. Karena nantinya juga saya perlu biaya untuk gigi palsu untuk mengganti gigi2 yang dicabut tersebut. Selama ini gigi saya tidak menimbulkan masalah kecualli bila udara sangat dingin, dan gusi yang berdarah diantara gigi geraham yang berlubang. Apakah gigi palsu memerlukan biaya sangat mahal?
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Saya turut prihatin atas kondisi yang Anda alami. Perlu Anda ketahui bahwa tidak pada semua keadaan dari gigi yang bermasalah harus dilakukan pencabutan. Contohnya pada gigi yang berlubang dimana apabila gigi masih dapat dipertahankan dalam rongga mulut maka gigi tidak akan dicabut.

Namun memang bilamana gigi sudah tidak dapat dipertahankan dengan suatu perawatan tertentu maka gigi tersebut sebaiknya dicabut dan perlu dilakukan penggantian dengan gigi tiruan. Jenis gigi tiruan yang menggantikan gigi yang telah dicabut terdiri dari dari 2 macam yaitu gigi tiruan lepasan dan cekat. Perbedaannya adalah gigi tiruan lepasan dapat dilakukan lepas pasang sendiri oleh pasien sedangkan yang cekat tidak dapat. Biaya pemasangan gigi tiruan cukup bervariasi bergantung dari tipe, jenis bahan dan jumlah gigi yang digantikan, serta instansi yang menyediakan jasa pelayanan, apakah rumah sakit swasta, pemerintah atau klinik pribadi.

Terkait gusi berdarah yang Anda alami, apakah ada karang gigi pada gigi Anda?, karena gusi yang berdarah biasanya terkait peradangan gusi akibat karang gigi dan plak yang tidak dibersihkan. sebaiknya periksakan keadaan tersebut pada dokter gigi

Berikut artikel terkait yang dapat Anda baca.
Macam Gigi Tiruan (27 September 2010)
Pentingkah Mengganti Gigi? (27 September 2010)
Macam Gigi Tiruan (5 Juli 2010)
Implan di Bidang Kedokteran Gigi (5 Juli 2010)

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

drg. Arni Maharani

0 Komentar

Belum ada komentar