Sukses

Bau Mulut Bertahun-tahun

20 Oct 2014, 08:44 WIB
Pria, 23 tahun.
saya mau tanya dok. saya ssudah 6 tahun mengidap bau mulut. saya sudah periksa di rmh skit di yogyakarta. pertama sya cek ke poli gigi.. disitu tidak ditemukan masalah gigi yg menyebabkan bau mulut. kedua, sya dirujuk ke poli penyakit dalam. sya memang punya maag tpi ga parah. disini diberi obat sakit maag bahkan cek feses dilab tpi tidak ada bkteri pilori. kemudian diberi obat lactobacillus untuk usus. tetep tidak ada hasil kemajuan. ketiga, sya dirujuk ke poli tht. disini didiagnosa ada sinusitis. uda diberi obat antibiotik. tetep tidak ada kemajuan. trs saya harus gimana dok untuk menghilangkan bau mulut ini? terimakasih.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Saya turut prihatin atas kondisi yang Anda alami. Memang bau mulut atau halitosis disebabkan oleh beberapa faktor, baik yang berasal dari dalam mulut ataupun yang terkait penyakit sistemik.Sebelum menjawab langsung pertanyaan Anda saya akan menjelaskan penyebab dari timbulnya bau mulut. Penyebab timbulnya bau mulut atau halitosis disebabkan oleh beberapa faktor baik yang berasal dari dalam tubuh (intrinsik) maupun yang berasal dari luar tubuh (ekstrinsik), yaitu:

  • Kebersihan mulut yang buruk, sehingga jumlah bakteri sangat banyak dalam mulut dan di permukaan lidah. Tanpa pembersihan mulut yang baik, sisa makanan akan tertinggal dalam mulut dan menjadi lingkungan yang cocok untuk bakteri berkembang biak yang akan menyebabkan bau pada mulut. Selain itu, sisa makanan yang menempel pada gigi, gusi, dan lidah akan menyebabkan gingivitis (radang gusi) dan gigi berlubang, sehingga akan meningkatkan bau mulut dan rasa yang tidak enak di dalam mulut.
  • Pembersihan gigi tiruan yang kurang baik .
  • Gigi tiruan yang tidak dibersihkan dengan baik menyebabkan penumpukan sisa makanan dan bakteri pada permukaan gigi tiruan sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap.

  • Penyakit gusi atau jaringan periodontal (jaringan penyangga gigi).
  • Penyakit sistemik. Bau mulut dapat merupakan salah satu gejala dari penyakit tertentu, misalnya infeksi saluran pernapasan, gangguan pencernaan, diabetes, atau kelainan pada hati.
  • Xerostomia (mulut kering).
  • Pemakaian beberapa obat-obatan tertentu dapat menyebabkan mulut menjadi kering, terutama obat-obatan untuk mengatasi depresi dan tekanan darah tinggi. Xerostomia juga dapat disebabkan oleh kelainan pada kelenjar ludah sehingga produksi ludah menurun. Selain itu, kebiasaan bernapas lewat mulut juga dapat menyebabkan mulut cenderung menjadi lebih kering.
  • kebiasan merokok.
  • konsumsi makanan tertentu.

Dalam hal ini saya menyarankan agar sebaiknya Anda mencari second opinion pada dokter gigi lain.

Berikut artikel yang dapat Anda baca.

Demikian informasi yang dapat Saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

drg. Arni Maharani

0 Komentar

Belum ada komentar