Sukses

Usia 2,5 Tahun Masih Menyusui Berbahayakah?

14 Aug 2014, 18:58 WIB
Pria, 30 tahun.
Sore dok,aq mo tnya dok anak temen aq sudah berumur 2,5thn tp masih menyusui ibunya semestinya umur 2 thn sdh tdk menyusu ibu adakah dampak negatifnya dok?makasih

 Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Pemberian ASI eksklusif adalah pemberian ASI tanpa makanan dan minuman tambahan lain pada bayi berumur nol bulan sampai 6 bulan. Menurut panduan WHO terbaru diberikan selama 6 bulan pertama tanpa makanan tambahan apapun karena nutrisi yang dikandungnya sudah mencukupi untuk 6 bulan pertama kehidupan. Penelitian-penelitian terbaru menemukan berbagai manfaat ASI yang tidak terkira sehingga diperolehlah rekomendasi ASI Eksklusif 6 bulan.

 

Selain ASI,  pada anak usia 6 bulan ke atas Anda sudah mulai dapat memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) dari mulai yang cair, halus hingga yang lebih padat. Misalnya seperti susu formula, buah-buahan yang dihaluskan, bubur susu ataupun nasi tim yang disaring.karena Setelah enam bulan, pemberian ASI saja hanya memenuhi sekitar 60-70% kebutuhan bayi.

Pada usia 2 tahun, seharusnya ASI bukanlah makanan utama lagi. ASI pada usia ini merupakan makanan pedamping dengan proporsi yang tidak besar. Makanan utama adalah makanan padat (nasi+lauk pauk+sayur) disertai dengan susu formula.Hal ini disebabkan karena kandungan ASI sudah tidak dapat memenuhi kebutuhan gizi anak pada usia > 6 bulan, apalagi 2 tahun. Penghentian ASI dapat dilakukan secara perlahan-lahan, umumnya dimulai dari pengurangan frekuensi, awalnya yang 2 kali sehari lalu menjadi 1 kali sehari dan kemudian tidak sama sekali.

 

Untuk informasi lengkap mengenai masa menyusui, kami sertakan artikel:

Masa Menyusui

Manfaat ASI bagi Bayi

Cara Menyusui Bayi yang Benar

Cara Menyusui Bayi yang Benar II

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat membantu. (AAS) 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar