Sukses

Seputar Keluhan Nyeri Perut, Haid Memanjang, & Sakit Saat Bersenggama

20 Oct 2014, 07:23 WIB
Wanita, 30 tahun.
dear dokter usia saya 30 th, saya suka panas di bagian pinggang, dan bagian perut bawah sebelah kanan kalau di tekan sakit, selain itu bulan ini mens saya sedikit tapi sampai 11 hari baru selesai, delain itu pada saat berhubungan intim setelah selesai haid, suka perih di bagian mulut ms V, tapi kesananya ga perih, apakah yang saya alami ini kemungkinan gejala kangker servick atau kista ya dok?bagaimana mengatasinya? Trims triana

 Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan.

1. Penyebab nyeri perut kanan bawah dapat bermacam-macam antara lain usus buntu, penyakit radang panggul, infeksi pada ginjal, abses ginjal, divertikuliyis, colitis, salpingitis, kehamilan ektopik terganggu, dan lain sebagainya.  Namun sulit sekali bagi kami mengetahui penyebab keluhan yang Anda rasakan karena untuk mendiagnosis suatu penyakit dibutuhkan anamnesis yang terarah, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang.

2. Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari, atau sekitar 2-3 kali ganti pembalut. Jumlah darah pada 1-2 hari pertama memang biasanya lebih banyak, namun jika jumlah darah sangat banyak kemungkinan Anda mengalami menoragia.

Menoragia merupakan suatu kelainan menstruasi dimana perdarahan menstruasi lebih dari 80ml/hari pada siklus yang normal. Sementara menstruasi yang berlangsung lebih dari 7 hari disebut sebagai hipermenorrea. 

Menstruasi yang berlangsung berkepanjangan dengan jumlah darah yang terlalu banyak untuk dikeluarkan setiap harinya dapat menyebabkan tubuh kehilangan terlalu banyak darah sehingga memicu terjadinya anemia. Gejala-gejala yang timbul akibat anemia diantaranya adalah napas menjadi lebih pendek, mudah lelah, jari tangan dan kaki menjadi kebas, sakit kepala, depresi, konsentrasi menurun, dll.

Hipermenorea dapat terjadi akibat:

  • Gangguan pada hormon reproduksi yang mengatur siklus menstruasi
  • Gangguan pembekuan darah
  • Terjadinya penebalan dinding rahim (endometrium)
  • Adanya kelainan pada dinding rahim seperti mioma, polip, dll
  • dll

Untuk memastikan penyebabnya, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan seperti pemeriksaan darah, tes pap smear, biopsi dinding rahim, pemeriksaan USG, dan lain sebagainya. Kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengevaluasi berbagai kemungkinan penyebabnya agar dapat dilakukan tatalaksana secara optima

3. Apakah saat bersenggama pernah keluar darah dari kemaluan Anda dan terasa nyeri sekali? Penyebab nyeri saat bersenggama memang dapat disebabkan oleh salah satunya kanker serviks, namun banyak penyebab lainnya seperti infeksi atau iritasi dan perlukaan yang menyebabkan keluhan tersebut. Kami sarankan Anda mengunjungi spesialis Kandungan dan kebidanan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Berikut kami lampirkan artikel sebagai bahan bacaan Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat (AAS)

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar