Sukses

Bronkitis vs TB Paru

20 Oct 2014, 10:06 WIB
Pria, 32 tahun.
begini dok saya mempunyai anak berumur 5,3 TH. anak saya menderita batuk dan filk ga sembuh-sembuh, kadang muntah kalau batuk, terus saya disuruh rontgen sama bidan dengan hasil rontgen : Foto thorax ap : cor besar dan bentuk kesan normal, apeks dikiri. mediastinum tidak melebar. Trachea ltak di tengah. Tidak tampak infiltrat / perselubungan kedua paru. Corakan bronchovasculer dikedua hilus agak meningkat. kedua sinus phrenicocostalis tajam. Diafragma kanan kiri baik. Tulang-tulang iga dan soft tissue dinding dada normal. Kesan: Corakan bronchovasculer dikedua hilus agak meningkat, bronchitis ? Cor dalam batas normal. apakah benar hasil dari rontgen tersebut bidan mendiagnosa anak saya terkena flek paru dan harus berobat selama 6 bulan ? apakah benar bronchitis sama flek paru/TB sama ? apakah ada efek samping mengkonsumsi obat selama itu ? terima kasih saya tunggu jawabannya dengan segera ? takut anak saya salah obat.

 Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

1.Penentuan diagnosa tuberkulosis (TB) berdasarkan 3 hal, anamnesis dan pemeriksaan fisik yang mengarah, pemeriksaan dahak yang positif kuman TB, dan pemeriksaan rontgen yang memperlihatkan hasil TB. Pada anak diagnosis TB dapat pula dilakukan dengan melakukan uji mantoux.

2. Bronkitis dan TB paru merupakan 2 hal yang berbeda.

Bronkitis adalah suatu kondisi dimana terjadi peradangan atau infeksi pada bagian dinding dalam dari saluran pernapasan utama /bronkus. Saluran pernapasan adalah saluran yang terdapat di dalam paru-paru yang merupakan tempat aliran udara. Jika saluran pernapasan tersebut mengalami iritasi, maka akan terbentuk lendir yang tebal di dalamnya. Lendir tersebut dapat menyumbat sehingga menghalangi udara untuk mencapai paru-paru. Maka dari itu, gejala yang dapat terjadi berupa batuk berdahak yang banyak mengandung lendir, kesulitan bernapas dan dada terasa sesak. Bila keadaan ini berlangsung lebih dari 3 bulan, maka dikatakan bronkitis kronik.

Tuberkulosis paru merupakan suatu infeksi paru-paru yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Gejala TBC Paru antara lain: batuk produktif (berdahak) lebih dari sama dengan 3 minggu, batuk berdarah, sesak napas, nyeri dada, lemah dan letih, berat badan menurun, nafsu makan menurun, berkeringat pada malam hari, demam yang tidak tinggi. 

Beda antara tuberkulosis dan bronkitis yang utama adalah gejala sistemiknya. Pada tuberkulosis terdapat gejala-gejala seperti  lemah dan letih, berat badan menurun, nafsu makan menurun, berkeringat malam hari, dan demam yang tidak tinggi. Untuk membantu penegakkan diagnosa yang pasti diperlukan pemeriksaan tambahan seperti foto rontgen thorax dan pemeriksaan dahak. 

3. Pengobatan bronkitis dengan tuberkulosis paru berbeda. pada penderita TB paru akan diberikan regimen obat anti tuberkulosis (OAT). Jika seseorang yang bukan penderita TB diberikan obat TB ditakutkan bila nantinya dilain hari penderita menderita TB akan terjadi resistensi obat. 

Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter spesialis paru lebih lanjut untuk mengetahui kondisi Anda agar Anda dapat mendapatkan pengobatan optimal.

Berikut kami sertakan artikel yang dapat Anda baca : 

Tuberkulosis

Tuberkulosis Paru (TBC Paru)

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AAS)

Salam

 

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar