Sukses

Seputar Pemeriksaan HSG

20 Oct 2014, 10:48 WIB
Wanita, 31 tahun.
Met siank dokter,, mau tanya apakah HSG itu aman? Soalnya sy sdh periksa ke dokter dan di USG semua normal, tp dokter sarankan suruh HSG setelah selesai haid.. dan apakah fungsi dari HSG? apa betul untuk membersihkan saluaran telur???

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Hysterosalpingogram (HSG) merupakan pemeriksaan x-ray untuk mengevaluasi bagian dalam uterus (rahim), tuba falopi, dan daerah sekitarnya. Pemeriksaan ini biasanya dilakukan pada wanita yang memiliki masalah sulit hamil atau gangguan kesuburan (infertilias). Pemeriksaan ini dapat melihat:

  • Sumbatan pada tuba falopi (saluran tuba). Wanita dengan riwayat infeksi pada saluran reproduksi (misal: penyakit menular seksual, keputihan, pelvic inflammatory disease) menyebabkan perlekatan tuba falopi sehingga dapat menghambat sperma bertemu dengan ovum (sel telur).
  • Menilai adakah kelainan pada uterus (rahim) seperti perlukaan, polip, firoid, perlekatan, benda asing, dll. Masalah-masalah tersebut juga bisa menyebabkan nyeri hebat saat menstruasi dan keguguran berulang.

Pemeriksaan ini cukup aman dan biasanya dilakukan 2-5 hari pasca menstruasi untuk memastikan bahwa Anda tidak sedang hamil. Pasien akan disuntikkan cairan kontras ke dalam rahim, jika tidak ada masalah kontras bisa mengisi rongga rahim dan tuba falopi (tidak ada sumbatan).

Kami sertakan beberapa artikel berikut:

Merencanakan Kehamilan 

Sepuluh Cara Meningkatkan Kesuburan

6 Tips untuk Mempercepat Kehamilan

 

Persiapkan Kehamilan dengan Konsumsi Asam Folat

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (AAS)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 
 

0 Komentar

Belum ada komentar