Sukses

Belum Menstruasi Setelah Melahirkan

13 Aug 2014, 12:40 WIB
Wanita, 35 tahun.
siang dok, saya linda. saya setelah melahirkan 8 bulan lalu sampai sekarang saya belum mendapat haid. sebelumnya saya minum pil kb baru sebulan ini saya ganti suntik 3 bulan. perlu dokter ketahui, saya memberikan asi untuk bayi saya. tidak bermasalah kan dok sampai saat ini saya blm haid? trims

Terimakasih karena Anda telah memilih untuk menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami rasa khawatir Anda. Apakah ibu menyusui ASI ? jika iya, belum menstruasi kembali setelah melahirkan wajar terjadi karena perubahan hormonal di tubuh ibu yang menyusui. Hormon prolaktin akan menekan estrogen dan menghambat terjadinya menstruasi pada ibu menyusui.

Karena itulah maka menyusui atau pemberian ASI eksklusif merupakan salah satu metode kontrasepsi alami. Siklus menstruasi akan kembali normal 6 bulan - 2 tahun setelah melahirkan atau setelah perlahan-lahan ASI sudah mulai dikurangi. Dan juga saat ini Anda menggunakan KB suntik 3 bulan. KB suntik yang dilakukan setiap 3 bulan berisi kandungan hormon progesteron sintetik (progestogen). Salah satu efek samping dari hormon tersebut adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB suntik bisa tidak menstruasi. 

Namun jika menstruasi belum muncul kembali, perlu kiranya Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan. 

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.(DNA)

Salam, 


Tim Redaksi KlikDokter 

0 Komentar

Belum ada komentar