Sukses

Pandangan Gelap Saat Berdiri

19 Oct 2014, 04:05 WIB
Wanita, 18 tahun.
dokter, saya juga pernah mengalami ketidakseimbangan seperti itu. hanya dua kali, pertama kali saya sedang berjalan biasa tiba-tiba saya berjalan miring hingga bertumpu pada tembok. itu hanya beberapa saat tapi membuat jantung saya berdetak hebat. yang kedua kalinya yaitu saat saya masih SMA sedang duduk mendengarkan penjelasan guru di bangku saya. tiba-tiba saya merasakan tidak seimbang lagi. seakan ruangan ikut berputar. lalu saya mencoba memegang tepi bangku saya. itu hanya dua kali dok, tapi akhir akhir ini saat saya sudah kuliah, saya sering mengalami pandangan gelap saat berdiri sehingga tangan saya bertumpu pada benda-benda disekeliling saya agar tidak jatuh. saya tidak pernah pingsan seumur hidup. apakah itu tanda tanda pingsan? lalu mengapa tanda tanda tersebut sangat sering saya alami. nah sebenarnya apa yang saya alami dok? apakah gejala vertigo? terimakasihh

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Rasa pusing atau pandangan gelap setelah bangun dari duduk atau tidur sering disebabkan oleh hipotensi ortostatik. Pada saat berdiri/duduk tiba-tiba darah akan secara mendadak turun ke bagian tubuh paling bawah (kaki) akibat gaya gravitasi.

Orang yang sehat setelah duduk atau berbaring kemudian berdiri dapat menyesuaikan dalam beberapa detik. Namun jika kondisi ini berlangsung lama atau hingga membuat orang pingsan meskipun sesaat, bisa jadi hal ini merupakan tanda-tanda adanya masalah yang lebih serius.
 
Penyebabnya adalah karena kekurangan cairan/dehidrasi, kurang olahraga, atau anemia. Penyebab lainnya adalah diabetes, gagal jantung, dan gangguan syaraf. Jika Anda sering merasa pusing dan lemas, perlu dicurigai anemia penyebabnya dan diperlukan pemeriksaan laboratorium untuk menilai kadar hemoglobin. Untuk mengurangi gejala tersebut, jangan berdiri/duduk tiba-tiba setelah tidur, bangunlah secara bertahap dan perlahan agar Anda tidak pusing, minumlah minimal 8 gelas/hari, olahraga teratur 3-4x/minggu selama minimal 30 menit setiap sesinya, dan konsumsi makanan yang kaya zat besi.
 
Kami sertakan beberapa artikel untuk menambah informasi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar