Sukses

Kista Dalam Kehamilan

11 Aug 2014, 16:40 WIB
Wanita, 25 tahun.
Selamat siang dok. Saya hamil 9 minggu. Kemaren saya usg sudah ada detak jantung bayinya. Tapi kata dokternya saya punya kista ukuran 4 cm. Kalo dokter tempat saya usg menyarankan untuk operasi kista di umur 4 bulan. Atau saat melahirkan dengan cara caesar. Apakah masih bisa kira2 dok kalo saya melahirkan dengan cara normal? Saya di kasih obat penguat kandungan dan suplemen makanan oleh dokternya. Dan setelah itu saya searching penderita kista tidak boleh minum vitamin. Apakah bener dok tidak boleh minum vitamin? Tapi sampai saat ini kandungan saya tidak punya keluhan spt pendarahan atau sakit yang berlebihan. Terima kasih sebelumnya dok. Sudah di perbolehkan bertanya.

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Kista yang ditemukan oleh dokter Anda mungkin merupakan suatu kista ovarium. Kista ovarium atau kista indung telur adalah kantung yang berisi cairan yang ditemukan di ovarium. Kebanyakan dari kista ini tidak berbahaya atau disebut juga sebagai kista fungsional.

Angka kejadian timbulnya kista pada wanita hamil mencapai 1:81 hingga 1: 1000. Terdapat beberapa jenis kista ovarium, namun pada dasarnya kista ini terbentuk akibat adanya ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang penyebabnya memang lebih baik Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter kandungan Anda.

Pada ibu hamil, biasanya kista ovarium yang ditemukan adalah kista theca lutein  yang terjadi akibat peningkatan secara berlebihan hormon beta-human chorionic gonadotropin (bhCG). Banyak hal yang dapat menyebabkan produksi hormon ini berlebihan, antara lain adalah kehamilan kembar, kelainan sel dalam kehamilan, keganasan, dan lain sebagainya. Kista ini biasanya akan menghilang dengan sendirinya seiring dengan menurunnya kadar hormon bhCG dalam darah saat usia kehamilan sudah semakin bertambah. 

Umumnya kista yang bersifat fungsional ini tidak memerlukan terapi dan akan menghilang dalam jangka waktu beberapa bulan. Kista ini hanya memerlukan observasi saja dan pemeriksaan USG rutin untuk mengawasi pembesaran dari kista. Apabila kista semakin kecil atau menghilang maka tidak diperlukan terapi apapun. Namun bila memang membesar sewaktu cesar akan sekaligus diambil. Untuk makanan yang penting makanan sehat yang menjaga janin berkembang. Dan diusahakan agar selalu kontrol ke dokter secara rutin.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat (DNA) 

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar