Sukses

Penyebab Sakit Buang Air Kecil

19 Oct 2014, 07:46 WIB
Wanita, 32 tahun.
lidah pahit, banyak putih2 dan terasa tebal apakah bs jd krn penyakit kelamin yg sudah saya sempat jg saya tanyakan dok? menurut insting saya, saya terkena radang pinggang/pinggul. sudah cukup lama ini saya rasakan (sekitar 1 thn lbh) tp belakangan perut saya kl ngedan agak sakit dan lidah terasa makin pahit(spt kl org demam) dan jg kl kencing ga lancar, perih dikit, trus panas(kl pake celana panjang jg suka terasa basah n ga nyaman didaerah vagina n ada keputihan tp ga bening dan dubur jg gatal (ga sering bgt tp lumayan mengganggu), banyak bintik spt biang keringat sering muncul dan ada semacam bisul kecil(bukan jerawat) bibir bagian agak dalam yg ga ilang sdh beberapa lama dan vagina gatal jg dan kl saya masturbasi suka ngilu dan panas divagina dan dikit berbau.sekarang tulang pantat jg agak nyeri and semua badan seperti cepat cape apalagi pergelangan kaki spt pegel bgt kl baru berdiri dan mata suka agak merah dan bengkak kl baru bangun tidur dan hidung saya seperti tersumbat dan tdk bs mencium dgn normal hanya yg aroma yg dkt yg bs saya cium baunya(jarak 2-5cm dari saya). menurut saya hal2 yg saya sebutkan diatas adalah penyebab penyakit kelamin.saya udh tes urin n darah lengkap cuman blm tau hasilnya. tlg saya dok. dan please jgn dipublish diforum umum. makasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan dan terima kasih telah mempercayakan pertanyaan kesehatan pribadi Anda pada kami. Berdasarkan informasi Anda, rasa sakit saat buang air kecil dapat mengarahkan kemungkinan infeksi saluran kemih, namun belum dapat disingkirkan kemungkinan iritasi kulit daerah vagina. Mengingat Anda juga mengeluh adanya gejala sistemik yang melibatkan organ lain seperti gangguan pada lidah, nyeri daerah perut, kami mencurigai adanya infeksi sistemik, tidak hanya infeksi menular seksual. Namun tetap kami tekankan, untuk menegakkan diagnosis perlu dilakukan pemeriksaan fisik langsung dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan seperti pemeriksaan urin, karena forum ini bukanlah forum diagnosis namun edukasi.

Kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter umum atau dokter penyakit dalam dalam untuk tatalaksana yang optimal. Apabila benar terdapat infeksi saluran kemih, maka dokter akan memberikan pengobatan antibiotik, serta mengevaluasi penyebab dasarnya untuk mencegah kekambuhan, apakah karena kurang minum, sering menahan kemih, infeksi kemaluan, batu saluran kemih, dsb. Adapun yang dapat Anda lakukan sendiri sebagai tindakan pencegahan adalah:

  • konsumsi air putih dalam jumlah banyak setiap harinya (lebih kurang 1,5-2 liter/hari)
  • hindarilah kebiasaan menahan kemih
  • jagalah kebersihan daerah kemaluan
  • Hindari perilaku seksual tidak sehat, seperti berhubungan bebas. Berhubungan seksual secara bebas dapat meningkatkan risiko terjadinya penularan infeksi daerah kemaluan, diantaranya gonorea, sifilis, bahkan HIV AIDS.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AN)

Salam,

 

Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar