Sukses

Sakit Kepala, Maag dan Nyeri Punggung Bawah

20 Oct 2014, 07:39 WIB
Wanita, 20 tahun.
Ass wr.wb. Dok.. beberapa bulan yang lalu saya terkena maag. dan sering kali saya merasakan sakit/nyeri pada punggung bawah hingga menjalar sampai perut pun ikut nyeri, tak hanya itu kepala dan juga mata ikut sakit, gampang lelah. apa penyebabnya dan bagaimana solusinya dok..? terima kasih..
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanane-konsultasi KlikDokter.

Keluhan Anda adalah maag, sakit pada punggung bawah menjalar hingga ke perut, sakit kepala dan mata serta gampang lelah beberapa bulan yang lalu. Apakah saat ini Anda masih merasakan keluhan tersebut?

Maag atau di dalam dunia kedokteran disebut dengan gastritis, yaitu peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih. Pada beberapa kasus, gastritis dapat disebabkan karena infeksi bakteri H. pylori. Umumnya maag akan menimbulkan gejala nyeri ulu hati, mual, kembung, dan muntah. Bagaimana dengan keluhan yang Anda rasakan? Bagaimana dengan pola makan Anda? 

Sedangkan keluhan nyeri punggung bawah yang menjalar ke perut perlu ditelusuri lebih lanjut. Kapan saja nyeri muncul, kapan menghilang, bagaimana sifat nyeri, apakah dapat diatasi dengan obat-obatan anti nyeri biasa. Keluhan ini dapat saja merupakan kondisi yang berbeda dengan keluhan maag Anda dan terjadi secara bersamaan. Sebagai informasi tambahan, kami sertakan artikel: 14 Penyebab Nyeri Punggung Bawah.

Untuk keluhan sakit kepala, apakah terjadi bersamaan dengan keluhan sakit maag? Atau merupakan keluhan terpisah? Apakah keluhan ibu Anda pusing berputar/goyang atau sakit kepala (karena keduanya berbeda)? jika memang sakit kepala, apakah nyerinya di seluruh bagian kepala dan seperti diikat atau hanya sebelah dan berdenyut? Apakah setiap sakit kepala selalu disertai rasa mual, apakah sampai muntah? Adakah keluhan lain seperti demam, nyeri tengkuk, kaku leher, kesemutan, kelemahan satu sisi tubuh, gangguan pendengaran/penglihatan, penurunan berat badan, telinga berdenging? Apakah intensitas nyeri dirasakan semakin berat? Apakah ada pencetusnya? Diagnosis sebuah penyakit tentu akan lebih baik jika didasarkan atas pemeriksaan langsung oleh dokter.

Terdapat beberapa penyebab sakit kepala dan perlu diketahui bahwa sakit kepala umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh pola makan tidak teratur, kelelahan, kurang tidur, dsb. Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan tension type headache, cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dll.  Sedangkan keluhan pusing biasanya disebabkan oleh vertigo.

Sebagian besar nyeri kepala di daerah belakang dan leher disebabkan oleh tension type headache (TTH).  Bila keluhan sakit kepala seperti tertindih benda berat/diikat dan melibatkan otot-otot leher maka kemungkinan Anda mengalami TTH. Sakit kepala tipe ini seringkali disertai dengan adanya rasa sakit/kaku di bagian leher/tengkuk, yang dapat juga menjalar hingga ke punggung, mata atau otot-otot lainnya di tubuh.

Untuk memastikan diagnosis kami sarankan Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan langsung. Selain itu perhatikan juga pola hidup Anda apakah sudah termasuk sehat atau belum. Bagaimana pola makan, pola aktivitas, pola tidur dan pola olahraga Anda? 

Berikut kami lampirkan artikel yang mungkin bermanfaat untuk Anda:

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar