Sukses

Apakah Saya Disfungsi Ereksi?

18 Oct 2014, 08:32 WIB
Pria, 13 tahun.
dok saya baru mengalami disfungsi ereksi. sebelumnya kemarin saya minum obat pencahar soalnya saya udh 5 hari blm BAB trus smlamnya sy mimpi kayak mmpi basah gtu dok tapi gk keluar airnya mmpinya lgsg kebangun. nah disitu saya eraksi terus menerus,,, saya tidur agi.. pas bangun ny masih sedikit eraksi... pas sudah tdk eraksi sy coba ejakulasi takut nya sy disfungsi ereksi eh ternyata engga bisa dokkkk. obat nya bagaimana dok, apakah sy harus bilang orang tua saya? bagaimana solusinya? apakah masih bisa diobat? tolong sekali dok dijawab.. trimakasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Disfungsi ereksi (DE) merupakan salah satu jenis gangguan seksual pada pria. Secara definisi DE adalah kurangnya kemampuan dalam mempertahankan proses ereksi untuk melakukan aktivitas seksual dengan baik.

Berdasarkan informasi Anda nampaknya Anda masih dapat ereksi. Apakah ini keluhan Anda yang pertama kali terjadi? Terdapat perbedaan antara ereksi dan ejakulasi. Ereksi adalah menegangnya penis, sedangkan ejakulasi adalah proses pengeluaran cairan mani. Tidak setiap ereksi perlu diikuti dengan ejakulasi.

Hampir semua laki-laki akan mengalami ereksi saat terbangun di pagi hari. Sebenarnya ereksi ini tidak hanya terjadi di pagi hari, melainkan juga terjadi beberapa kali tanpa disadari selama tertidur malam harinya. Mengapa demikian?

Penis dapat mengalami ereksi sebagai respon terhadap rangsangan seksual, akan tetapi dapat pula terjadi sebagai respon terhadap kondisi relaksasi yang dalam, seperti saat periode tidur dalam yang disebut REM (Rapid Eye Movement) di mana seseorang akan mengalami mimpi. Karena alasan tersebut ereksi juga dapat terjadi berkaitan dengan mimpi yang sifatnya merangsang. Adapun mekanisme terjadinya masih belum diketahui dengan pasti, akan tetapi umumnya laki-laki akan mengalami empat interval tidur REM setiap malamnya, disertai ereksi yang dapat bertahan selama 20-30 menit. Inilah sebabnya apabila kemudian terbangun setelah tidur REM, laki-laki umumnya akan mendapatkan penisnya sedang mengalami ereksi.

Ereksi di pagi hari (Morning Erection) atau dalam bahasa medis disebut dengan Nocturnal Penile Tumescence (NPT) termasuk ereksi penis secara spontan ketika tidur. Semua laki-laki tanpa disfungsi ereksi psikologis mengalami fenomena ini, umumnya antara 3-5 kali sepanjang malam. NPT umumnya terjadi selama fase tidur REM.

Apabila seorang laki-laki tidak mengalami NPT, maka terdapat kemungkinan pria tersebut mengalami disfungsi ereksi. Untuk menentukan apakah masalah tersebut terjadi karena kelainan psikologis atau fisiologis (gangguan fisik), akan dilihat frekuensi ereksinya. Apabila pria tersebut tidak pernah ereksi sama sekali dalam hidupnya, kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh faktor fisiologis. Namun apabila hanya kadang-kadang saja tidak ereksi, maka hal tersebut dapat disebabkan oleh keduanya, baik fisiologis maupun psikologis.

Jadi, keluhan yang Anda permasalahkan apakah tidak dapat ereksi atau tidak keluar cairan ejakulasi?

Kami sertakan artikel:

Disfungsi Ereksi Pada Pria

Mengenal Jenis Disfungsi Ereksi

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar