Sukses

Pemalu dan Sulit Berkonsentrasi

19 Oct 2014, 21:49 WIB
Wanita, 19 tahun.
Asalammualaikum dok maaf saya ingin bertanya apakah saya punya kelainan? Saya merasa saya itu anti sosial. Awal pertama kali bertemu saya mereka pasti akan mengatakan saya tidak menyukai mereka kerena tatapan saya padahal saya melihat mereka karena saya ingin berteman dengan mereka namun saya terlalu malu untuk memulai percakapan. Saya juga sulit berkosentrasi, terkadang saya juga suka salah menyebutkan suatu kata (kadang malu usia 19 tahun tapi menyebut satu kata yang sedikit rumit tidak bisa) saya ingin normal, agar tidak di anggap aneh. Jujur semua itu mengganggu hidup saya
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Salam kenal! Kami memahami kekhawatiran Anda.

Pemalu merupakan karakter yang berhubungan dengan kepercayaan diri. Dalam tahap yang wajar, menurut kami pemalu bukan suatu hal yang perlu diatasi. Setiap orang diciptakan dengan karakter yang berbeda-beda dan ditujukan untuk saling melengkapi. Namun, bila rasa pemalu sudah sampai ke tahap yang mengganggu, maka terdapat beberapa hal yang dapat diusahakan. Berikut kami sertakan artikel yang dapat membantu menjawab pertanyaan Anda.

Memupuk Rasa Percaya Diri

Bila rasa pemalu dan pendiam tersebut masih mengganggu, kami menyarankan agar Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis psikiatri. 

Untuk meningkatkan konsentrasi terlebih dahulu perlu diketahui hal-hal yang mendasarinya, apakah karena Anda terlalu lelah, terlalu banyak fokus, terlalu banyak pikiran atau karena tidak terbiasa berfokus. Bisa juga karena sebab lain. Untuk itu Anda dapat melatih kemampuan berkonsentrasi dengan sering berlatih dan belajar tanpa gangguan dari hal lain seperti dari televisi, alat elektronik atau orang lain. Dengan semakin sering berlatih dan belajar maka akan dapat meningkatkan kemampuan Anda  berkonsentrasi.

Selamat mencoba!

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar