Sukses

Mengapa Kram pada Kaki?

17 Oct 2014, 23:22 WIB
Pria, 24 tahun.
saya ingin bertanya saya melakukan olahrga badminton sabtu 2 agustus sore setalah pulang saya mengalami keram pada jari2 kaki saya tapi di ujung saja teru menerus tampa berhenti. terus saya ltihan lagi tggl 5 agustus keramnya belum berhenti sampai sekarang gejalanya keramnya naik sampai setengah tidak sampai mata kaki. sampai sekarang setiap latihan badminton yg saya rasakan baru pertama kali. keram masih bisa gerakan dan anehx keramnya sampai telapak kaki tapi tidak sampai kaki. redah keramnya cuma sedikit tapi masih rasakan keram naik turun . ini penyakitx apa dan solusinya apa Klinik dokter .? saya udah minum obat asam urat saya jga udah minum obat tambah darah
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda adalah kram pada kaki. Apakah ini pertama kali Anda mengalami keluhan tersebut? Apakah Anda memiliki riwayat diabetes, hipertensi (tekanan darah tinggi) atau riwayat penyakit lainnya? Kram pada daerah kaki dapat terjadi karena beberapa hal, diantaranya adalah :

  1. Gangguan aliran darah atau kurang lancarnya aliran darah yang dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya adalah posisi tidur yang menekan pembuluh darah di tangan terlalu lama.

  2. Kurangnya asupan kalsium dan kalium. Kalsium berperan untuk kontraksi otot sedangkan kalium berperan di dalam relaksasi otot. Apabila kekurangan 2 jenis elektrolit ini maka proses kontraksi-relaksasi otot tidak akan berjalan lancar.

  3. Kelelahan dan dehidrasi (kekurangan cairan).

  4. Pada penderita penyakit kronik seperti diabetes melitus.
  5. Beberapa penyakit gangguan pada saraf.

Bila kram terjadi setelah olahraga maka mungkin saja kram terjadi karena Anda kekurangan cairan setelah berolahraga. Untuk menghindari kram pada otot-otot anggota gerak, Anda dapat mencoba untuk melakukan peregangan pada otot-otot anggota gerak sebelum olah raga berat dan juga memperhatikan asupan cairan saat berolahraga.

Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan kalium (seperti: susu dan pisang). Jika dengan cara-cara tersebut, kram tetap berlangsung, maka segera periksakan diri ke dokter untuk wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan bila perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat. (JF)

Salam, 


Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar