Sukses

Kanker Payudara

10 Aug 2014, 03:46 WIB
Pria, 30 tahun.
Selamat siang dok Begini mama saya (sekarang usia 61 tahun) kan pernah mengidap kanker payudara sekitar tahun 2002 (waktu berusia 49 tahun) tetapi masih stadium dua dan alhamdulillah beliau berhasil sembuh Nah ketika kanker diangkat dokter bilang banyak residu micin nya Memang sebelum terkena kanker beliau suka menambahkan penyedap rasa ke dalam masakan seperti royco, masako yang banyak mengandung MSG Tetapi saya lihat di banyak literatur MSG tidak menyebabkan kanker tetapi cenderung ke arah kebodohan dan masih belum ada penelitian yang mengaitkan MSG dengan kanker Apa memang benar royco dan masako bisa menyebabkan kanker? Dan saya juga ingin bertanya apakah kanker payudara memiliki gejala spesifik seperti pusing menahun sebab mama saya sebelum terkena kanker memiliki penyakit pusing menahun yang sakitnya sampai membuat mama saya berbaring di tempat tidur karena tidak kuat menahannya tetapi mama saya bandel tidak pernah kroscek ke dokter dan itu sudah beliau alami sekitar tahun 1990 an. Dan setelah pengobatan kanker beliau tidak pernah pusing lagi. Apa benar kalau kanker payudara gejalanya adalah pusing yang sangat sakit dan berlangsung menahun ? Mohon jawabannya ya dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami turut prihatin atas kondisi Ibu Anda. Insidens kanker payudara pada dekade terakhir ini menunjukkan kecenderungan meningkat. Kanker payudara biasanya mengenai wanita berusia > 35 tahun. Sampai saat ini penyebabnya belum diketahui dengan pasti, namun diyakini banyak faktor yang berperan dan saling mempengaruhi satu sama lain:

  • Genetik, riwayat keluarga dengan keluhan sama
  • Hormon, pengobatan hormonal jangka panjang
  • Virogen (belum terbukti pada manusia)
  • Makanan, yang tinggi lemak dan bersifat karsinogen (pemicu kanker)
  • Radiasi 

Seorang dengan kanker payudara dapat mengeluh adanya benjolan yang berbatas tidak tegas. Kadang benjolan ini terlihat ketika menggerakkan lengan atau mengangkat lengan. Selain itu lekukan atau penarikan kulit payudara ke dalam juga dapat terjadi pada kanker payudara.

Gejala lain yang dapat anda alami adalah keluarnya cairan berdarah dari puting susu. Puting susu juga dapat terlihat berubah posisi dan tidak simetris antara payudara kiri dan kanan. Tak jarang benjolan juga tampak di bagian lain, seperti ketiak. 

Adapun keluhan pusing yang dialami oleh Ibu Anda pun dapat disebabkan oleh berbagai macam hal yang berhubungan ataupun tidak berhubungan secara langsung dan tidak langsung dengan kanker payudara yang diderita. Hal ini membutuhkan pemeriksaan menyeluruh oleh Dokter.

 

Berikut kami sertakan beberapa artikel beikut ini yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Gejala Kanker Payudara Bukan Hanya Benjolan

Pemeriksaan Payudara Sendiri (SaDaRi)

Perempuan, Waspadai Benjolan di Payudara Anda!

Mastektomi Untuk Cegah Kanker Payudara

Demikian, semoga bermanfaat. (DNE)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar