Sukses

Telapak Tangan Bayi Berkeringat & Sering Sakit

19 Oct 2014, 18:34 WIB
Wanita, 25 tahun.
dok,saya mau tanya seputar masalah bayi. saya punya anak baru umur 6 bln,dan anak saya sering berkeringat/basah di sekitar telapak tangan dan telapak kakinya, mengapa itu bs terjadi dok? apa penyebabnya? dan juga saya bertanya mengenai ASI dok, anak saya full ASI tp kenapa ya dok kok dia sering sakit batuk pilek. seharusnya kalau anak minum ASI, dia akan susah sakit. mengapa bs gampang sakit? atau ASI saya bermasalah? dan saya harus berbuat apa dok, agar anak saya tidak gampang sakit di umur 6 bln ini karena saya kawatir bila anak saya diberi obat terus menerus..terima kasih dok..

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Telapak tangan yang basah dan selalu berkeringat dapat merupakan suatu keadaan yang disebut hiperhidrosis. Hiperhidrosis merupakan suatu keadaan ketika kelenjar keringat memproduksi keringat berlebih yang seringkali dipicu oleh emosi atau oleh suhu. Seringkali terjadi pada telapak tangan, telapak kaki dan ketiak. Kondisi ini biasanya diturunkan dalam keluarga. Hiperhidrosis dapat disebabkan oleh gangguan hormon tiroid, penyakit jantung,maupun psikis atau stress.

Anak kecil memang memiliki daya tahan tubuh yang relatif lemah, oleh karena itu lebih mudah terserang pernyakit bila dibandingkan dengan orang dewasa. Hingga usia 1 tahun, anak bisa sakit 8-12 kali pertahun. Selanjutnya, anak sakit rata-rata 6-8 kali.

Biasanya penyakit yang menyerang bukanlah penyakit berat, paling-paling sakit batuk pilek, diare, atau penyakit flu lainnya. Bila frekuensi sakit melebihi normal, atau terkena infeksi yang berat seperti radang paru-paru (pneumonia), radang selaput otak (meningitis), maka Anda perlu khawatir.

Beberapa hal yang memengaruhi daya tahan tubuh anak adalah faktor gizi yang baik, imunisasi lengkap, higienitas, sanitasi lingkungan, pola hidup yang bersih dan sehat. Penting juga untuk menghindari kontak dengan orang sakit agar tidak tertular. Bila semua terpenuhi, kecil kemungkinan si kecil menderita sakit. 

Bagaimana dengan berat badan dan tinggi badang anak Anda? Apakah berat badan naik sesuai dengan grafik di Kartu Menuju Sehat (KMS)? Pada anak yang memiliki gangguan nutrisi, frekuensi terserang penyakit akan lebih tinggi. Selain itu, penting juga menjaga kebersihan makanan atau alat makanan (misalnya botol susu, piring, sendok, dll) agar tidak terkena infeksi saluran cerna seperti muntah-muntah dan diare. Perhatikan pula makanan yang ibu konsumsi karena dapat dieksresikan melalui ASI, jadi ibu harus menjaga nutrisi dan asupan gizi ibu.

Pada anak dengan kondisi tertentu seperti penderita penyakit jantung bawaan biasanya juga didapati gejala sering sakit, tetapi biasanya gejala diikuti dengan pertumbuhan bayi yang terhambat, kesulitan makan, keluhan sering sesak, biru, dan lain sebagainya.

Kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter spesialis anak untuk mengetahui apakah terdapat gangguan yang menyebabkan anak Anda sering sakit. 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AAS)

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar