Sukses

Obat Jerawat Ibu Hamil, Amankah?

19 Oct 2014, 21:26 WIB
Wanita, 25 tahun.
Sore Dok... Tolong tanya, saya skrg kan sedang hamil 25w, jerawat masih sering muncul & bekasnya pun susah hilang.. sebelum hamil saya pake sabun PH-isohex & obat Mediklin-TR (ungu) u/ mengatasinya.. Tapi Apakah masih boleh saya pake obat itu saat hamil skrg Dok.?! Mohon penjelasannya. trimakasih..

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekekhawatiran Anda. Kehamilan merupakan suatu kondisi yang spesial bagi setiap wanita. Selain kegembiraan karena kehamilan, terkadang ada berbagai kondisi tambahan yang dapat memperberat dan menyulitkan kehamilan seorang wanita. Kehamilan memang mempengaruhi seluruh kondisi tubuh, termasuk kulit. Salah satu yang paling sering dikeluhkan oleh Ibu hamil adalah jerawat.

Berikut adalah beberpa cara mencegah jerawat pada ibu hamil:

  1. Mulailah mengkonsumsi makanan seperti sayur, buah, yoghurt, maakanan rendah karbohidrat dan susu. 
  2. Jagalah kebersihan wajah.

  • Khusus bagi ibu hamil yang memiliki jenis kulit berminyak, akan mudah sekali memicu jerawat. Oleh karena itu pastikan Anda membersihkan kulit wajah dengan rutin dan dengan sabun yang aman.


  • Cucilah wajah secara teratur 2 kali sehari. Sebaiknya mencuci wajah jangan terlalu sering, jangan terlalu digosok dan jangan menggunakan bahan-bahan yang kasar/iritatif (handuk, pencuci wajah dengan scrub) karena dapat menyebabkan iritasi dan malahan memicu jerawat.


  • Gunakan bahan-bahan yang tidak berbasis minyak (oil) maupun alkohol, baik untuk kosmetik, pelembab, tabir surya maupun pembersih wajah.


  • Jika Ibu memiliki jenis kulit kepala berminyak, sebaiknya Ibu mencuci rambut setiap hari. Rambut yang berminyak dan kotor dapat mempengaruhi kebersihan kulit wajah sehingga dapat memicu terjadinya jerawat.


  • Jangan melakukan manipulasi apapun pada jerawat Ibu, seperti: memegang-megang, menekan-nekan, atau memecahkan jerawat. Hal ini dapat menyebabkan bekas jerawat yang lebih sulit diatasi daripada jerawat itu sendiri.

PH Isohex mengandung Hexochlorophene. Hexochlorophene masuk dalam kategori C bila digunakan saat kehamilan. Belum diketahui apakah terdapat efek samping pada janin manusia jika menggunakan krim yang memiliki kandungan ini. Tetapi penggunaan hexochlorophene pada ibu hamil hanya diberikan bila keuntungan yang didapat jauh lebih besar daripada kerugian yang akan terjadi. Hexochlorophene berefek teratogenik dan embriotoksik pada mencit jika diberikan secara oral dan vagina. Sebaiknya hindari krim yang mengandung hexochlorophene jika ibu hamil.

Mediklin TR mengandung clyndamycin dan tretinoin. Clyndamycin termasuk dalam jenis antibiotik yang sering digunakan untuk mengatasi jerawat. Clyndamycin cukup aman diberikan saat hamil, terutama untuk mengobati keputihan pada ibu hamil. Sedangkan Tretinoin tidak dianjurkan bagi ibu hamil. Tretinoin dapat menyebabkan kecacatan pada janin yang dikandung termasuk cacat jantung dan anggota tubuh janin. Sebaiknya ibu hamil tidak menggunakan obat-obatan yang mengandung tretinoin.

Kami sarankan Anda selalu berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter spesialis kandungan dan kebidananan yang menangani  Anda sebelum mengkonsumsi atau menggunakan obat-obatan. Mengingat kondisi kehamilan adalah suatu kondisi khusus yang memerlukan perhatian lebih.

Berikut beberapa artikel yang dapat membantu Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AAS)

Salam


Tim Redaksi Klikdokter



 

0 Komentar

Belum ada komentar