Sukses

Cacing di Dalam Perut Kecoa

20 Oct 2014, 11:08 WIB
Pria, 30 tahun.
Selamat siang dok Baru-baru ini beredar kabar di internet bahwa jangan sekali-kali membunuh kecoak secara langsung dengan tangan atau kaki karena cacing-cacing parasit di dalam tubuh kecoak tersebut bisa saja masuk ke pori-pori kulit manusia dan berkembang biak di dalam tubuh manusia sebagaimana yang ada di link berikut ini: http://informasinya.com/2014/06/26/bahaya-membunuh-kecoa/ dan dokter juga bisa cari di GOOGLE dengan kata kunci "bahaya bunuh kecoa cacing" Yang ingin saya tanyakan apakah benar bahwa cacing parasit serangga bisa masuk secara langsung ke dalam kulit manusia jika kontak langsung seperti cacing tanah yang bisa masuk ke kaki anak yang tidak pakai sandal ? Juga penjelasan dokter mengenai berita di link tersebut apa betul demikian ? Dan mohon penjelasan dokter lebih lanjut terkait cacing parasit pada serangga khususnya kecoa dan bagaimana cara cacing parasit tersebut bisa masuk ke tubuh manusia ? Jjur saya ngeri mengetahui itu Demikian

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Namun tidak perlu terlalu Anda khawatirkan, Infeksi cacing lebih banyak dilakukan lewat makanan dan tangan yang tak dijaga kebersihannya, bukan lewat kecoa secara langsung. Hal tersebut terjadi jikalau memang kecoa habis melewati septic tank. Adapun jenis cacing pencernaan adalah cacing kremi, cacing perut, cacing tambang dan sebagainya. Sedang cacing yang katanya bisa masuk ke dalam kulit manusia memang ada, gejala tersebut dinamakan  Creeping eruption, yaitu kelainan kulit yang merupakan peradangan berbentuk linear atau berkelok-kelok, menimbul dan progresif, disebabkan oleh invasi larva cacing tambang yang berasal dari anjing dan kucing. 

Faktor resiko utama bagi penyakit ini adalah kontak dengan tanah lembab atau berpasir, yang telah terkontaminasi dengan feces anjing atau kucing. Masuknya telur ke dalam kulit biasanya disertai dengan rasa gatal dan panas. Mula-mula akan terbentuk papul, kemudian diikuti bentuk yang khas, yakni lesi berbentuk linear atau berkelok-kelok, menimbul dengan diameter 2-3 mm, dan berwarna kemerahan. Selanjutnya papul merah ini akan menjalar seperti benang berkelok-kelok, menimbul dan membentuk terowongan, mencapai panjang beberapa sentimeter. Rasa gatal biasanya lebih hebat pada malam hari. Infeksi biasanya menyerang kaki, tangan, anus, bokong dan paha. Anak yang main di tanah tidak memakai sendal bisa menjadi salah satu faktor resiko. 

Mengenai adanya cacing di dalam perut kecoa masih diteliti kebenarannya sampai saat ini. Yang terpenting untuk mencegahnya adalah selalu menjaga kebersihan tangan sebelum makan dan menjaga makanan yang akan kita konsumsi juga bersih.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,


Tim Redaksi Klikdokter 

0 Komentar

Belum ada komentar