Sukses

Penyakit Menular Seksual

07 Aug 2014, 12:02 WIB
Pria, 30 tahun.
Selamat siang Dok. Saya pria 30 tahun dan sudah menikah. Belakangan ini setelah selesai berhubungan intim dengan istri, seringkali terasa perih/sakit pada kulup penis, dan kadang glans penis terasa panas. Hal lain yang timbuh adalah kulup penis bagian dalam sampai terkelupas seperti ganti kulit. Sedangkan pada istri biasanya antara vagina dan anus terjadi semacam iritasi seperti pecah-pecah yang perih ketika cebok. Tindakan dengan jalan ke dokter kulit kelamin sudah kami lakukan dan diberikan tablet minum dan salep (lupa nama obat) dan sudah sembuh. Namun, terakhir berhubungan hari senin tgl 07 Juli 2014 kemarin, glans penis saya kembali terasa panas dan kulup penis bagian dalam terkelupas lagi. Yang ingin saya tanyakan, 1. Apakah kami terkena PMS Dok?, 2. Jika iya, apakah PMS bisa sembuh total?, 3. Adakah obat/multivitamin yang mampu membunuh PMS itu Dok?, 4. Jika disaranin, pemeriksaan Laboratorium seperti apa Dok yang harus kami jalani untuk mengetahui sebenarnya apa yang terjadi, berhubung kami masih menantikan dan merindukan hadirnya buah hati dalam pernikahan kami yang akan memasuki tahun ke-2. Demikian Dok yang bisa saya tanyakan, atas informasi dan solusi yang diberikan, saya ucapkan banyak terima kasih.

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan nyeri, gatal, rasa panas pada daerah kepala penis dapat terjadi akibat suatu penyakit yang dikenal dengan nama balanitis. Balanitis merupakan peradangan pada daerah glans penis (kepala penis). Balanitis sering ditemukan pada laki-laki yang belum disunat akibat hygiene yang buruk atau akibat iritasi oleh smegma. Penyebab balanitis yang tersering adalah infeksi jamur. Disamping akibat jamur, balanitis dapat juga disebabkan oleh infeksi bakteri aerob, anaerob, virus, parasite, dll

Bagaimanapun, perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan dugaan diagnosis tersebut. Lebih lanjutnya Kami sarankan sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapat tatalaksana yang lebih optimal. Apabila terbukti adanya infeksi, Anda akan mendapatkan terapi sesuai kuman penyebab.

Disamping memberikan obat-obatan untuk menghilangkan penyebab, untuk menangani balanitis perlu juga dilakukan irigasi untuk membersihkan smegma dari lapisan bawah kulit preputium. Dianjurkan untuk dilakukan sirkumsisi (sunat) pada penderita balanitis apabila belum disunat, untuk mencegah berulangnya infeksi tersebut.

1. Apakah kami terkena PMS Dok?

Untuk mengetahui apakah Anda terkena PMS, harus dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang secara menyeluruh. 

2. Jika iya, apakah PMS bisa sembuh total?

Penyakit menular seksual, bisa disembuhkan dengan catatan, pengobatan dilakukan sedini mungkin dan dilakukan secara teratur. 

3. Adakah obat/multivitamin yang mampu membunuh PMS itu Dok?

Pengobatan PMS tergantung penyebabnya. Penyakit PMS bisa disebabkan infeksi jamur/bakteri/virus/parasit. Multivitamin tidak dapat mengatasi gangguan akibat PMS. 

4. Jika disaranin, pemeriksaan Laboratorium seperti apa Dok yang harus kami jalani

Pemeriksaan laboratorium dapat dilakukan untuk mendeteksi kemungkinan adanya infeksi oleh penyakit Herpes, Klamidia, Gonore, Hepatitis atau Sifilis sehingga dapat dengan segera menentukan terapi yang lebih tepat.  Jenis pemeriksaannya antara lain: 

 

  • VDRL
  • TPHA
  • GO
  • Chlamydia IgG dan IgM 
  • Anti HIV
     

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,


Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar