Sukses

Orchitis & Azoospermia

19 Oct 2014, 23:27 WIB
Pria, 34 tahun.
Dok, sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas jawaban yang dokter berikan, saya jadi tau perihal orchitis dextra, saat ini saya minum obat antibiotik utk terapi. Saya ingin bertanya dok : 1. Apakah saya bisa memiliki keturunan?. Saya pada dua kali kesempatan (sebelum mengetahui diagnosa orchitis dextra) melakukan tes sperma, hasilnya tidak ada sperma (zerospermatozoid). 2. Apakah ada hubungannya dengan orchitis dextra yang saya alami. dan bila sudah sembuh apakah saya memiliki peluang memiliki keturunan dok? terima kasih jawabannya. Salam Hormat

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Merujuk pada pertanyaan Anda, apakah bisa memiliki keturunan dengan riwayat orchitis. Jawabannya bisa iya dan tidak. Tergantung dari keberhasilan pengobatan yang Anda jalani. 
Orchitis adalah peradangan/ infeksi pada testis. Dextra artinya kanan. Suspect orchitis dextra maksudnya adalah diduga orchitis di kanan. 

 

Azoospermia yaitu suatu keadaan dimana tidak ditemukan sperma dalam cairan ejakulat (semen). Tingkat kesembuhannya tergantung dari apa yang menjadi penyebab terjadinya azoospermia. Cairan ejakulat adalah cairan yang keluar saat seorang pria ejakulasi. Sperma adalah sel yang diperlukan untuk membuahi sel telur pada proses fertilisasi. Kondisi ini dapat terjadi akibat sumbatan saluran sperma, atau akibat penurunan produksi sperma dalam buah zakar. Untuk mengetahuinya, perlu dilakukan serangkaian pemeriksaan meliputi pemeriksaan fisis langsung, pemeriksaan sperma, hingga pemeriksaan hormon. 

Sumbatan saluran sperma dapat disebabkan oleh infeksi (testis, prostat), genetik, trauma atau operasi atau radiasi. Sedangkan azoospermia karena penurunan produksi sperma dapat disebabkan oleh genetik, obat-obat tertentu (steroid, alkohol, merokok, narkoba), radiasi, varikokel, pajanan pestisida, panas, cidera genital.

Azoospermia akibat sumbatan saluran sperma masih dapat diperbaiki dengan jalan operasi, sedangkan azoospermia akibat penurunan produksi sperma tidak.  Meskipun operasi yang dilakukan juga tidak bisa menjamin 100% kesuburan seorang laki-laki. Gangguan azoospermia yang Anda alami kemungkinan memang bisa diakibatkan orchitis. Kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis Andrologi agar dapat mendapatkan penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)
Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar