Sukses

Pasta Gigi dan Plak

06 Aug 2014, 12:06 WIB
Wanita, 17 tahun.
malam dok, tadi saya membaca postingan tentang pentingnya menyikat gigi sebelum tidur. yang ingin saya tanyakan cara kerja pasta gigi untuk melawan bakteri pada mulut itu gimana ya? kalau plak sendiri itu sebenarnya bisa di hilangkan ngga dok ? terimakasih selamat malam
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa permukaan gigi tidak pernah betul-betul bersih,  setelah  menyikat gigi pun lapisan tipis (disebut biofilm) akan segera terbentuk, yang mengandung banyak sekali mikroorganisme baik maupun jahat, dan akan bergabung dengan sisa makanan yang kemudian disebut plak gigi.
 

Plak atau kotoran gigi menyebabkan gusi di daerah leher gigi meradang. Perhatikan bahwa gusi di dekat plak gigi lebih merah dan bengkak dibandingkan daerah gusi di bawahnya. Pada kondisi ini, gusi sangat mudah berdarah bahkan hanya dengan sentuhan ringan misalnya saat makan makanan yang agak keras atau saat menyikat gigi.

Plak akan "matang" setelah 1-2 hari tanpa penyikatan gigi sama sekali, dan mengandung material organik seperti lemak, protein dan enzim serta material anorganik yaitu mineral terutama kalsium dan fosfor. Plak yang menumpuk dapat menyebabkan peradangan pada gusi, akibatnya gusi bengkak, warnanya merah terang, dan mudah berdarah. Kondisi ini juga dapat menyebabkan bau mulut karena plak akan diolah oleh bakteri dan menghasilkan senyawa sulfur yang menjadi sumber bau tak sedap. Plak dapat hilang  dan dikendalikan dengan menyikat gigi. Penambahan zat adiktif pada pasta gigi sebagai desinfektan dapat membunuh kuman-kuman dan bakteri yang merugikan pada plak gigi hingga beberapa jam setelah melakukan sikat gigi.

Berikut artikel yang dapat Anda baca

5 Tips Pakai Sikat Gigi yang Sehat (6 Maret 2014)
Berbahayakah Pasta Gigi dengan Fluoride? (24 Januari 2014)
Pasta Gigi (5 Juli 2010)
Pilah Pilih Pasta Gigi (5 Juli 2010)

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

drg. Arni Maharani

0 Komentar

Belum ada komentar