Sukses

Efek Samping Levofloxacin Bagi Kehamilan

20 Oct 2014, 03:10 WIB
Wanita, 30 tahun.
yth dokter.... kami mint saran dan pendapat, mengingat baru tes kehamilan dan ternyata Positif. kami cuma khawatir ketika kmaren sblm tes kehamilan, saya mengkonsumsi antibiotik jenis Levofloxacin selama 7 hr sesuai resep dari dokter yang katanya aman untuk ibu hamil, namun setelah kami meng croscheck teryata obat tersebut ada kontraindikasinya untuk ibu hamil dan anak-anak (dari situs dexa medika). pertanyaannya : 1. apakah dampaknya bagi janin ? mengingat kami diberikan informasi yang keliru mengenai obat tersebut 2. tindakan apa yang sebaiknya kami lakukan untuk kebaikan tumbuh kembang janin tersebut guna menghilangkan dampak jelek dari obat tersebut ?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Levofloxacin termasuk antibiotik golongan floroquinolone. Dalam penggunaannya pada wanita hamil, golongan ini termasuk ke dalam kategori C. Artinya, dari penelitian yang dilakukan pada binatang obat ini dapat bersifat teratogenik / dapat menyebabkan cacat bawaan pada janin namun belum terbukti pada manusia. Obat ini hanya boleh diberikan jika potensi keuntungannya jauh lebih besar daripada kerugiannya. 

Golongan floroquinolone dikatakan dapat menyebabkan kelainan sendi dan tulang pada bayi. Namun, beberapa penelitian terakhir menunjukkan tidak ada peningkatan risiko cacat bawaan pada janin akibat penggunaan floroquinolone pada trimester pertama. Penelitian ini dilakukan pada wanita hamil yang mengkonsumsi floroquinolone dalam waktu singkat (5-7 hari). Efek penggunaan floroquinolone dalam jangka panjang masih belum diketahui.

Jadi, jika Anda mengkonsumsi dalam waktu singkat kemungkinan tidak berisiko terkena cacat bawaan. Namun untuk menghindari kemungkinan tersebut, sebaiknya digunakan antibiotik yang terbukti aman untuk ibu hamil. Selain itu, mungkin dokter Anda juga memiliki pertimbangan sendiri kenapa memberikan obat ini.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga Bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar