Sukses

Benjolan di Selangkangan

07 Aug 2014, 22:28 WIB
Pria, 15 tahun.
Assalamu'alaikum Dok,saya mau tanya,di sekitar selangkangan saya ada benjolan getah bening,dikanan dan dikiri,panjangnya sekitar 1,5cm,tidak sakit,.sebelumnya saya mengalami cacar,apakah benjolan itu akibat kanker atau infeksi dok?apakah bisa diobati tanpa operasi. Wassalamu'alaikum.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter. 

Untuk memastikan diagnosis Anda, selain diperlukan informasi-informasi yang mendetil dan lengkap juga perlu didukung dengan pemeriksaan fisik langsung oleh dokter. Perlu dipastikan juga apakah benar benjolan tersebut merupakan pembesaran kelenjar getah bening. Benjolan Anda terletak di selangkangan kanan dan kiri dengan ukuran diameter sekitar 1,5 cm. Sayangnya, kami tidak tahu di mana lokasi persis benjolan yang Anda sebutkan? Adakah nanah?  Bagaimana daerah sekitarnya? Pertanyaan-pertanyaan lain yang harus dijawab adalah

  • Bagaimana bentuk benjolan tersebut, apakah bulat dengan tepi teratur, atau bentuk tidak beraturan?
  • Adakah benjolan lain?
  • Bagaimana warnanya? Apakah terdapat warna kemerahan pada benjolan tersebut dan area disekitarnya?
  • Sejak kapan benjolan tersebut timbul? Apakah ukurannya semakin membesar atau menetap?
  • Apakah benjolan tersebut hilang timbul atau menetap?
  • Pernahkan Anda mengalami keluhan seperti ini sebelumnya?
  • Apakah benjolan tersebut berisi air/nanah?
  • Adakah keluhan lain yang Anda rasakan?

Benjolan yang Anda sebutkan dapat berupa kelenjar lemak, jaringan ikat atau juga kelenjar getah bening.

Mengenai pembesaran kelenjar getah bening, Limfadenopati adalah istilah medis yang menjelaskan adanya suatu pembesaran kelenjar getah bening (KGB) di tubuh. KGB sendiri adalah salah satu komponen pertahanan tubuh, yang akan membesar bila ada serangan kuman dari luar. Namun bisa juga pertanda keganasan/kanker.

Pada kasus Anda, pembesaran kelenjar getah bening terjadi pada daerah selangkangan. Penyebab terseringnya adalah infeksi di organ reproduksi atau saluran kemih. Untuk menyingkirkan kemungkinan ke arah keganasan diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung. Sulit bagi kami untuk mendiagnosa tanpa keterangan yang lengkap dan pemeriksaan fisik. Mengingat keterbatasan kami, kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan langsung dan penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam,                                       

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar