Sukses

Mengatasi Hipospadia

20 Oct 2014, 07:46 WIB
Pria, 20 tahun.
siang dok, semasa kecil saya pernah operasi hipospedia. tapi kenapa sampai sekarang penis saya tidak berkembang? dan saya merasa ketika buang air seni keluarnya dibawah kepala penis tidak diujung kepala penis. bagaimana cara penanganannya dok? masih bisakah direpair? apakah penis saya bisa pulih seperti penis remeja seumuran saya??

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Letak lubang saluran kemih yang tidak berada di ujung penis disebut sebagai hipospadia. Biasanya lubang saluran berada di bagian bawah.

Permasalahan yang timbul akibat lubang kencing tidak diujung adalah kesulitan berkemih dalam posisi berdiri seperti pria normal. Pria dewasa dengan hipospadia juga sulit memperoleh keturunan. Kesulitan membuahi akibat sperma yang normalnya dikeluarkan melalui saluran yang sama dengan air seni tidak akan dapat mencapai organ kelamin wanita. Penis bengkok yang sering menyertai hipospadia akan menambah kesulitan pada waktu berhubungan.

Hipospadia hanya bisa diperbaiki dengan operasi. Obat-obatan hormonal yang diberikan biasanya hanya untuk memperbesar ukuran penis sehingga memudahkan proses pembuatan saluran kencing tambahan dan disuntikkan beberapa bulan sebelumnya. Dokter spesialis urologi akan menganjurkan perbaikan jika diperkirakan akan terjadi kesulitan berkemih dalam posisi berdiri, penis bengkok atau tidak dapat mempunyai keturunan. 

Sebaiknya Anda konsultasikan masalah Anda ke dokter spesialis bedah urologi atau spesialis bedah plastik untuk penatalaksanaan selanjutnya. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar