Sukses

KukuTangan & Kaki Rusak

19 Oct 2014, 14:59 WIB
Pria, 19 tahun.
DOk izinkan saya bertanya, ini penyakit diderita ibu saya yang berumur sekitar 59 tahun. kuku beliau rusak semua baik kaki maupun tangan, rasanya gatal dan kondisi sampai saat ini sudah hampir setengahnya. terlihat jamur di bagian depan tiap kuku. sudah memakai salep jamur tapi tak kunjung sembuh. selanjutnya apa ya saran dokter selain dicabut atau kemanakah ibu saya harus berobat. Sebelumnya terimakasih dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan kuku yang rusak seringkali disebabkan oleh jamur pada kuku, dalam dunia medis disebut paronikia dan onimikosis atau tinea unguium.

Sering diderita oleh orang-orang yang pekerjaannya berhubungan dengan air. Lesi berupa kemerahan, pembengkakan yang tidak bernanah, kuku menjadi tebal, mengeras dan berlekuk-lekuk, kadang-kadang berwarna kecoklatan, tidak rapuh, tetap berkilat. 

Pengobatan infeksi jamur pada kuku ini memang membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan jenis infeksi jamur lainnya, dapat berlangsung selama 3-4 bulan. Obat yang dianjurkan adalah obat minum. Sedangkan obat salep atau krim biasanya kurang efektif dalam mengatasi infeksi jamur pada kuku, karena kuku sangat keras sehingga krim/salep sulit diserap. 

Kami sarankan agar Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk pemeriksaan fisik lengkap dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar