Sukses

Keluhan Suara Menghilang

06 Aug 2014, 14:41 WIB
Pria, 15 tahun.
Maaf dok saya mau tanya, sekarang saya sudah kelas 9 SMP. Dan pada waktu kelas 7 SMP sehabis saya khitan suara saya itu kecil, tetapi disisi lain saya itu juga punya suara yang kayak bass. Saat saya bersuara kecil saya itu susah berbicara tetapi pada saat saya bersuara bass teman teman saya itu malah tertawa, saya itu bingung kenapa suara saya bisa begini..Saya sudah pergi kerumah sakit tetapi kata dokter suara saya mau hilang. Apa penyebabnya ? Dan bagaimana cara menyembuhkannya ?? Tolong dijawab dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelumnya kami membutuhkan beberapa informasi. Apakah terdapat benjolan di bagian leher, penurunan berat badan, nyeri menelan, gangguan pendengaran, atau mimisan? Anda memeriksakan ke dokter umum atau spesialis THT?

Suara yang berubah atau menghilang dapat diakibatkan karena adanya masalah pada pita suara. 

Pada mereka yang memang menggunakan suara secara berlebihan, seperti, penyanyi profesional, guru, dosen, atau mereka yang sering berbicara dan menggunakan suara berlebihan dapat terjadi pembengkakan pita suara yang disebut sebagai nodul pita suara atau polip pita suara. Nodul pita suara biasanya terjadi pada kedua pita suara secara simetris. Keduanya biasa diketahui karena keluhan serak pada suara.

Radang atau infeksi laring (laryngitis) juga dapat menimbulkan gejala suara berubah atau serak karena iritasi pada pita suara. Penyebabnya adalah infeksi (influenza, infeksi bakteri), gastroesophageal reflux disease (GERD), alergi. Gejala lainnya berupa demam, nyeri tenggorokan, batuk, nyeri menelan, berdahak.

Kami sarankan Anda melakukan konsultasi kembali dengan dokter spesialis THT untuk mendapatkan pemeriksaan secara menyeluruh dan mendapatkan terapi yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)
Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar