Sukses

Efek Samping Penggunaan Telepon Genggam

19 Oct 2014, 23:00 WIB
Pria, 20 tahun.
apa dampak anak yang memegang handphone pada usia kurang dari 17 tahun?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Secara umum, penggunaan handphone pada anak remaja memiliki efek yang sama dengan orang apda umumnya. Jika anak tidak dapat meluangkan waktu dengan baik, bisa jadi handphone menjadi gangguan tersendiri dan anak cenderung terus bermain dengan hand phone yang dimilikinya. Namun jika anak dapat bekerja dengan baik, justru handphone dapat membantu kinerja anak. Ini adalah efek samping sosial dari penggunaan handphone.

Banyak penelitian yang dilakukan untuk mencari efek samping dari radiasi elektromagnetik yang dikeluarkan oleh telepon genggam. Penelitian-penelitian tersebut terutama berhubungan dengan efek radiasi terhadap otak. Pada binatang, ditemukan bahwa frekuensi radio telepon genggam dapat mempercepat pertumbuhan kanker. Namun, belum ada penelitian yang dapat membuktikan bahwa radiasi tersebut berbahaya bagi kesehatan manusia atau sebaliknya. Karena itu masih terus dilakukan penelitian dalam hal ini.

Walaupun hal-hal ini perlu diteliti lebih lanjut, tidak ada salahnya kita berhati-hati, dengan mengurangi paparan radiasi telepon genggam pada tubuh, baik pada kepala maupun organ bagian bawah tubuh. Matikan telepon jika tidak dipakai, hindari penggunaan telepon berlama-lama, dan hindari menaruh telepon dalam kantung dalam keadaan mati maupun hidup.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar