Sukses

Seputar Toksoplasma

18 Oct 2014, 23:48 WIB
Pria, 24 tahun.
Siang dok,, Saya sejak kecil pecinta kucing dok, dan sering sekali kucingku ikut tidur dikamar bersama saya. semenjak baca artikel tentang virus tokso jadi nggak tenang saya dok. karena rencana saya tahun depan ini akan menikah. yang saya mau tanyakan dok, 1. apakah virus ini sangat berbahaya dok? 2. saya mau cek virus tersebut dok, harus di spesialis apa saya dok? 3. jika saya positif tertular virus tersebut, apakah pengobatannya akan sangat menyakitkan (perlu operasi) dok? terima kasih,

Terima kasih atas pertanyaan Anda

1. Apakah virus ini sangat berbahaya dok?
Toksoplasmosis adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit yang hidup di dalam tubuh kucing. Jika kita tidak hati-hati saat membersihkan kotoran kucing, bisa saja parasit ini masuk ke dalam tubuh kita dan menjadi sumber infeksi.

 

Pengobatan dini dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit dan membantu mengatasi keluhan-keluhan yang timbul. Kompilasi jika terinfeksi toksoplasma adalah terkena radang otak. Namun itu terjadi jika terdapat penyakit yang menyebabkan daya tahan tubuh sangat menurun.

Untuk terhindar dari infeksi toksoplasmosis, ikutilah langkah-langkah berikut:

1.      Segeralah mencuci tangan setelah bersentuhan dengan kotoran kucing Anda

2.      Hindari makan daging yang belum matang, karena parasit toksoplasma juga dapat hidup di dalamnya.

2. Saya mau cek virus tersebut dok, harus di spesialis apa saya dok?
Anda dapat menlakukan pemeriksaaan darah di laboratorium. Dan melakukan konsultasi hasil pemeriksaan ke dokter spesialis penyakit dalam. 

3.Jika saya positif tertular virus tersebut, apakah pengobatannya akan sangat menyakitkan (perlu operasi) dok?
pengobatannya dengan meminum obat spiramycin. Spiramiycin adalah antibiotik makrolida yang dihasilkan oleh Streptomyces ambofaciens yang bekerja dengan cara menghambat sintesa protein bakteri. Spiramycin paling aktif terhadap toksoplasmosis di antara antibiotika lainnya yang mempunyai mekanisme kerja yang serupa. Mekanisme kerja Spiramycin menghambat pergerakan mRNA pada bakteri/parasit dengan cara memblokade 50s Ribosome. Sehingga sintesa protein bakteri/parasit akan terhenti dan kemudian mati.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)
Salam,

Tim Redaksi Klikdokter
 

0 Komentar

Belum ada komentar