Sukses

Manfaat Pemeriksaan Prenatal

19 Oct 2014, 20:21 WIB
Wanita, 40 tahun.
dear dokter, Untuk meminimalkan resiko kelainan yang berasal dari orangtua bayi, apakah bisa dilakukan screening pada ayah dan ibu? Karena pertimbangan kami akan menjadi lebih problematis bila kelainan dideteksi pada janin. Satu sisi kami tidak mungkin melakukan abortus, sisi lainnya juga tidak mudah meneruskan kandungan saat diketahui kondisi janin yang mengalami kelainan.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Salah satu yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit bawaan apda anak adalah dengan melakukan pemeriksaan diri Anda dan suami ke dokter. Pemeriksaan ini akrab dengan sebutan pemeriksaan premarital. Pemeriksaan premarital adalah pemeriksaan bagi pasangan yang akan segera menikah untuk mendeteksi berbagai kelainan genetik (Thalassemia), dan beberapa penyakit menular. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyakit pada kedua suami istri, dan meneruskan penyakit ini ke calon anak.

Apa tujuan dilakukan pemeriksaan ini?

Pemeriksaan ini dapat menurunkan penyebaran berbagai penyakit seperti Thalassemia, penyakit anemia sickle cell, dan berbagai penyakit menular.Selain itu pemeriksaan ini juga dapat menurunkan beban biaya pada keluarga dan komunitas akibat penyakit  yang mungkin timbul. Pemeriksaan ini juga dapat mencegah terjadinya penyakit pada anak dan menghindari beban keluarga di masa depan.

Apa saja yang akan diperiksa?

Pemeriksaan ini dapat mendeteksi berbagai kelainan darah seperti Thalasemia, dan hemofilia Selain itu pemeriksaan ini juga dapat mendeteksi berbagai penyakit infeksi yang menular seperti hepatitis B, Hepatitis C dan HIV AIDS

Bagaimana jika terdeteksi penyakit tertentu?

Jika dalam pemeriksaan ditemukan penyakit tertentu, maka hal ini akan dikonsultasikan dengan pihak pasangan. Berbagai penyakit dapat dicegah penularannya, misal dengan pengobatan terlebih dahulu pada pasangan yang terkena, atau pemberian vaksin pada pasangan yang belum terkena penyakit. Berbagai kelainan genetik yang ditemukan dapat ditindaklanjuti dengan konseling genetik, jika ingin memiliki anak di kemudian hari.

Kami lampirkan beberapa artikel terkait kesehatan kehamilan untuk Anda baca:

Persiapan Kehamilan (5 Juli 2010)
Nutrisi Kehamilan (5 Juli 2010)
Makanan Selama Kehamilan (5 Juli 2010)

Semoga informasi ini membantu.

Salam

Tim redaksi Klikdokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar