Sukses

Vagina Dapat Rapat Kembali?

20 Oct 2014, 10:30 WIB
Wanita, 23 tahun.
Tidak `berhubungan' bertahun-tahun,bisakah vagina rapet kembali? selamat malam dok,,saya ingin brtanya.jka seorang wanita prnh `brhubungan' skali,namun stelah itu tdk prnah lg brtahun-tahun.apakah vagina bisa rapet kmbali spt dulu?dan jka `brhubungan' kmbali apakah akn mngluarkan drah spt prtama kali `brhubungan'?itu sja dok.terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan. Sebenarnya untuk merapatkan vagina dapat melakukan senam kegel untuk mengencangkan otot panggul. Darah yang keluar pertama kalinya saat hubungan seksual pertama disebabkan karena robeknya selaput dara. Robeknya selaput dara tersebut tidak dapat diulang kembali.

Namun untuk pembentukan kembali selaput dara, terdapat sebuah prosedur dengan nama hymenoplasty.

Selaput dara atau di dalam dunia medis dikenal dengan nama hymen adalah selaput membran mukosa yang berada di depan liang vagina. Pada wanita muda, hymen cenderung tipis sehingga mudah robek. Robekan dapat disebabkan karena hubungan seksual atau non-seksual (berolahraga, berkuda, bersepeda, senam). Operasi umumnya diarahkan pada selaput dara ini, walau prosedur ini tidak menjamin liang vagina akan menjadi lebih rapat.

Saat ini memang ada operasi untuk mengembalikan hymen ke bentuk semula atau membuat lapisan hymen utuh seperti semula. Operasi ini disebut dengan hymenoplasty yang terbagi atas 2 :

  1. Simple hymenoplasty yaitu bila selaput dara masih ada yang tersisa, dilakukan penjahitan sehingga selaput dara kembali ke bentuk semula
  2. Alloplant dimana tidak ada sisa selaput dara sama sekali dan dilakukan pemasangan selaput dara buatan

Operasi ini dapat dilakukan di rumah sakit besar atau pusat pendidikan. Efek samping sama seperti operasi lainnya berupa infeksi, perdarahan, dan alergi obat.

Berikut kami sertakan pula artikel yang sekiranya dapat membantu:

9 Tips Menjaga Kesehatan Vagina

6 Mitos Malam Pertama

Risiko Selaput Dara Tiruan

Senam Kegel

Berbagai Kegunaan Senam Kegel

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar