Sukses

Haid Tidak Lancar

04 Aug 2014, 09:05 WIB
Wanita, 16 tahun.
halo dok, di usia saya yg masih muda ini saya bingung mengapa haid saya tidak lancar? terakhir haid saya bulan april. bahkan sebelum saya haid di bulan april, saya harus menunggu kira-kira 6 bulan. sekarang haid saya jg berhenti dari bulan april yang lalu. saya merasa tidak ada masalah, tapi saya takut mengapa jadi macet begini padahal dulunya masih bisa termasuk lancar walaupun kadang-kadang 2 bulan sekali. saya juga bingung mengapa setiap setelah saya duduk/baring dalam waktu 15 menit keatas saat saya tegak saya langsung merasakan pusing, sehingga terkadang penglihatan saya sampai kabur dan harus tunggu beberapa saat (dalam hitungan 30 detik) saya baru mulai melihat semuanya dengan jelas. nafsu makan saya sangat kurang dok. di tambah dengan pikiran tentang sekolah dan lingkungan sekitar. mohon bantuannya dok. terimakasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Penyebab haid tidak lancar pada Anda bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab. Penyebab haid yang tidak teratur dapat terjadi pada :

  • Gangguan indung telur, misal: Sindrom Polikistik Ovarium (PCOS)
  • Stress dan depresi
  • Sakit kronik
  • Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • Penurunan berat badan berlebihan
  • Olahraga berlebihan, misal atlit
  • Adanya tumor yang melepaskan estrogen
  • Adanya kelainan pada struktur rahim atau serviks yang menghambat pengeluaran darah menstruasi
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • dsb

Untuk mengetahui dengan jelas kondisi Anda saat ini, Anda sebaiknya mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan evaluasi lebih lanjut dengan pemeriksaan langsung dan juga pemeriksaan penunjang yang diperlukan. Dengan demikian Anda dapat memperoleh terapi yang sesuai dan optimal.

Kami sertakan pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Rasa pusing atau pandangan gelap setelah bangun dari duduk atau tidur sering disebabkan oleh hipotensi ortostatik. Pada saat berdiri/duduk tiba-tiba darah akan secara mendadak turun ke bagian tubuh paling bawah (kaki) akibat gaya gravitasi.

Orang yang sehat setelah duduk atau berbaring kemudian berdiri dapat menyesuaikan dalam beberapa detik. Namun jika kondisi ini berlangsung lama atau hingga membuat orang pingsan meskipun sesaat, bisa jadi hal ini merupakan tanda-tanda adanya masalah yang lebih serius.
 
Penyebabnya adalah karena kekurangan cairan/dehidrasi, kurang olahraga, atau anemia. Penyebab lainnya adalah diabetes, gagal jantung, dan gangguan syaraf. Jika Anda sering merasa pusing dan lemas, perlu dicurigai anemia penyebabnya dan diperlukan pemeriksaan laboratorium untuk menilai kadar hemoglobin. Untuk mengurangi gejala tersebut, jangan berdiri/duduk tiba-tiba setelah tidur, bangunlah secara bertahap dan perlahan agar Anda tidak pusing, minumlah minimal 8 gelas/hari, olahraga teratur 3-4x/minggu selama minimal 30 menit setiap sesinya, dan konsumsi makanan yang kaya zat besi.
 
Kami sertakan beberapa artikel untuk menambah informasi Anda:

 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar