Sukses

Kotoran Telinga Mengeras

04 Aug 2014, 08:42 WIB
Pria, 20 tahun.
terakhir saya periksa ke dokter THT katanya telinga kanan ada kotoran yg sudah menggumpal dan mengeras. saat itu juga dicoba pencabutan tapi terasa sakit. nah sama dokter dikasih obat tetes telinga buat bikin lembek katanya. pertanyaan saya, kapan kotoran ini bisa dicabut tanpa rasa sakit (periksa kemarin sabtu malam), dan apa penyebabnya kok kotoran bisa menggumpal? terimakasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.


Tindakan Anda memeriksakan telinga Anda ke dokter sudah benar. Dokter menggunakan alat otoskop untuk melihat ke dalam liang telinga Anda, apakah terdapat sumbatan kotoran telinga dan sejauh mana letak kotoran telinga yang bergumpal. Setelah itu, dokter akan menentukan penanganan yang tepat apakah dengan diberikan obat tetes untuk melunakkan kotoran atau dengan melakukan irigasi telinga. Bila tidak terlalu dalam dan keras, biasanya membutuhkan waktu 2-4 hari untuk melunakkan kotoran telingan yang mengeras. Yang penting adalah menggunakan tetes telinga denga benar, yaitu setelah meneteskan, tahan posisi kepala tetap miring selama sekitar 5 menit agar obat tetes dapat meresap terlebih dahulu dan tidak langsung tumpah lagi keluar.

Jika ingin membersihkan telinga, memang sebaiknya saat tenang dengan bantuan orang lain atau dengan mengunjungi dokter untuk prosedur ekstraksi kotoran telinga.

Kami sertakan artikel berjudul

Kotoran Telinga Sebabkan Sumbatan Telinga

Membersihkan Telinga

untuk informasi lengkap Anda mengenai kotoran telinga dan kebersihannya.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar