Sukses

Mata Merah dan Penebalan

19 Oct 2014, 23:16 WIB
Pria, 15 tahun.
Maaf dok, saya ingin bertanya. Usia saya 15 tahun. saya memiliki penyakit mata merah yang sering kambuh. namun, pada 6 bulan terakhir sebagain putih mata saya menjadi menebal dan memerah dan menutup sebagian hitam mata saya. itu tidak bisa hilang selama beberapa bulan ini. saya sudah konsultasi ke dokter spesialis mata namun hingga saat ini belum sembuh juga. mohon pencerahannya dok, terimakasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda adalah penyakit mata merah yang sering kambuh dengan adanya penebalan di daerah putih bola mata sejak 6 bulan yang lalu.

Apa yang dikatakan oleh dokter Anda mengenai penyebab keluhan Anda ini?

Adanya bercak penebalan pada bagian putih bola mata perlu diperiksa langsung. Perlu diketahui di mana letak pastinya. Keluhan bercak kecoklatan tersebut dapat berupa pterigium atau pinguekula.

Pterigium merupakan pertumbuhan jaringan ikat sedangkan pinguekula merupakan kerusakan jaringan yang menyebabkan pertumbuhan. Keduanya disebabkan karena rangsangan sinar matahari, debu, angin dan panas. Jika tidak terjadi peradangan atau gangguan penglihatan maka tidak diperlukan tindakan tertentu. Mata perlu dilindungi dari sinar matahari, debu dan panas dengan kacamata pelindung. Jika terjadi peradangan maka dapat menyebabkan mata merah dan perlu diberikan obat-obat tetes mata anti radang. Jika mengganggu penglihatan maka mungkin diperlukan tindakan medis seperti operasi bergantung pada besarnya penebalan.

Namun, untuk memastikan diagnosis, maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter. Untuk itu, diskusikanlah dengan dokter Anda mengenai kondisi Anda ini dan pilihan yang paling sesuai untuk Anda.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar