Sukses

Bintik-Bintik di Bawah Mata

20 Oct 2014, 10:48 WIB
Wanita, 17 tahun.
Saya punya bintik2 seperti biang keringat di bawah mata. Sudah ada sejak saya sd dan makin lama makin membesar dan melebar. Saya sudah pernah ke dokter muka dan di laser. Kira2 bagaimana cara mengatasinya ya dok? Terimakasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Pertanyaan Anda mengenai bintil-bintil seperti biang keringat pada daerah bawah mata. Bintil-bintil yang Anda maksudkan dapat disebabkan oleh banyak hal dan beberapa di antaranya berupa Skin Tag (akrokordon), siringoma atau komedo tertutup.

Skin Tag atau akrokordon ada hubungannya dengan faktor genetik, dan makin bertambah usia skintag tersebut biasanya akan makin banyak. 
Skin Tag ini tidak berbahaya, ini merupakan lapisan luar kulit. Untuk menghilangkannya, terdapat prosedur kauter (dibakar) atau dengan menggunakan laser yang dapat dilakukan oleh dokter.

Siringoma adalah tumor jinak jaringan penunjang yang dibentuk oleh komponen-komponen kulit yang berupa saluran. Masalah ini juga diduga memiliki faktor genetik yang cukup kuat atau adanya peradangan pada kelenjar-kelenjar di kulit. Ini dapat ditangani dengan prosedur bedah, kauter, laser, krioterapi, dermabrasi atau prosedur bedah kulit lainnya yang sesuai.

Komedo tertutup (komedo putih) biasanya merupakan komedo yang tertutup lapisan keratin sehingga tampat seperti papul-papul putih pada kulit. Ini dapat ditangani lewat ekstraksi komedo.

Saat ini sangat sulit untuk mengetahui penyebab keluhan Anda tanpa pemeriksaan langsung. Untuk itu bila Anda sudah mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin maka Anda dapat mendiskusikan apa penyebab keluhan Anda ini dan mendiskusikan alternatif pilihan penanganan yang lain jika memang penanganan dengan laser tidak memberikan hasil yang memuaskan. Namun, memang perlu diketahui terlebih dahulu apa yang menjadi dasar penyebab keluhan Anda untuk dapat menentukan pilihan penanganan yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)


Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar