Sukses

Benjolan di Bibir Vagina

03 Aug 2014, 15:07 WIB
Wanita, 29 tahun.
Dok,2 minggu lalu saya operasi caesar. Setelah operasi vagina saya iritasi,kmudian saya gunakan obat semacam abotil dan betadine vaginal douche untuk membasuhnya. Setelahnya iritasi saya sembuh tetapi,selang beberapa hari muncul 4 benjolan kecil di bibir dalam vagina saya. Ketika kontrol ke dokter kandungan,beliau berkata itu tidak ad hubungan dengan operasi dan hanya masuk angin. Gimana itu ya dok? Kira2 saya harus ke dokter spesialis ap unt dapat pnjelasan dan penanganan lebih baik?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Sulit bagi kami untuk menentukan diagnosa tanpa melakukan pemeriksaan fisik dan mengetahui lokasi tepat dari benjolan tersebut yang ada pada bibir vagina Anda. Memang perlu diketahui ukuran, lokasi tepat dan juga sifatnya.

Benjolan pada bibir vagina paling sering disebabkan karena kista bartholin dan memang tidak berhubungan dengan operasi sesar. Penyebab lain dapat berupa jerawat, bisul atau peradangan.

Kista bartholin umum terjadi pada wanita usia 20-29 tahun terutama mereka yang belum pernah hamil atau baru hamil sekali. Kista tersebut tidak berbahaya namun dapat menyebabkan nyeri dan membuat jalan menjadi lebih sulit karena dapat terus membesar hingga ukurannya menjadi sebesar telur.

Kelenjar bartholin adalah 2 kelenjar yang berlokasi di kanan dan kiri pada bibir vagina yang berfungsi untuk memproduksi lendir untuk lmembasahi/melumasi vagina.

Jika kelenjar bartholin tersumbat maka akan menyebabkan pembentukan kista yang berisi cairan. Kista ini dapat disebabkan oleh infeksi, peradangan, atau sumbatan lokal karena lendir vagina. Apabila disebabkan karena infeksi, kista tersebut berubah menjadi abses.

Penanganannya bergantung dari ukuran kista, ada tidaknya infeksi, nyeri atau tidaknya. Kista kecil dapat direndam di air hangat beberapa kali dalam sehari selama 3-4 hari untuk mengurangi nyeri dan agar kista dapat pecah dengan sendirinya. Atau dokter dapat memasang selang kecil / kateter untuk mengeluarkan cairan dari kista.

Untuk mengetahui diagnosis pasti maka Anda dapat mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang berbeda untuk pendapat lain (second opinion).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar